Dokter Thailand Temukan Obat Virus Korona?

- Senin, 3 Februari 2020 | 09:24 WIB
Ilustrasi obat virus korona (REUTERS/Dado Ruvic).
Ilustrasi obat virus korona (REUTERS/Dado Ruvic).

Dokter-dokter dari Thailand mengklaim menemukan penawar virus korona. Mereka menggambungkan kedua jenis obat, yakni anti-flu serta AIDS untuk mengobati seorang wanita asal Tiongkok.

Langkah itu diinisiasi dua dokter dari Rumah Sakit Rajavithi di Bangkok, yakni Kriangsak Atipornwanich dan Subsai Kongsangdao. Mereka mengambil inisiatif setelah melihat gelagat wanita 71 tahun tersebut terpapar virus korona. 

Dikutip dari Bangkok Post, Senin (3/2/2020), kedua dokter itu memutuskan menggunakan oseltamivir, yakni obat anti-flu yang digunakan mengobati penyakit saluran pernapasan akibat virus korona (MERS). 

Kedua dokter Thailand kemudian mengkombinasikan oseltamivir dengan lopinavir dan ritonavir, yaitu dua obat AIDS. Hasilnya, wanita 71 tahun itu menunjukkan gejala membaik berkat gabungan obat tersebut. 

"Kami memeriksa informasi terkait dan menemukan obat-obat anti-flu yang efektif untuk MERS, sehingga kami menggabungkan kedua kelompok obat. Setelah tes laboratorium berjalan buruk selama 10 hari, pada akhirnya hasil tes menjadi positif setelah 48 jam obat diberikan. Pemulihannya menjadi cepat,” kata Kriangsak. 

Kedua dokter Thailand itu pun melaporkan penemuan positif terkait virus korona ke jurnal medis. Mereka akan menggunakan obat yang sama pada pasien lain dengan gejala serius terpapar virus korona.

Harapan baru pun bakal menghampiri dunia kesehatan andai obat gabungan yang dimaksud benar-benar mengobati virus korona, mengingat penyakit itu berstatus darurat internasional.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X