Virus Korona Baru Berdampak Pada Ekonomi, Pemerintah Perlu Waspada

- Kamis, 6 Februari 2020 | 16:01 WIB
Ilustrasi virus korona baru yang akan berdampak kepada ekonomi Indonesia (China Daily via REUTERS)
Ilustrasi virus korona baru yang akan berdampak kepada ekonomi Indonesia (China Daily via REUTERS)

Politisi Partai Golkar Firman Soebagyo mengimbau pemerintah untuk waspada dan melakukan antisipasi dampak ekonomi nasional maupun global karena penyebaran virus korona yang semakin meluas di beberapa negara.

Menurutnya, fenomena ini pasti berpengaruh terhadap perkonomian global dan Indonesia karena banyaknya negara-negara yang bergantung pada produk impor dari Tiongkok.

"Dampak terhadap virus corona, pemerintah harus segera mengantisipasi efek perekonomian Tiongkok mungkin akan mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi dan akan berpangaruh terhadap perekonomian global, khususnya bagi Indonesia sendiri karena produk Tiongkok sebagian besar sudah hampir mencapai kebutuhan dunia," ucanya saat dikonfirmasi Indozone, Kamis, (6/2/2020).

Anggota Komisi II DPR RI ini mengatakan salah satu yang akan terasa penurunannya ialah masuknya turis Tiongkok ke Indonesia yang menjadi sumber devisa negara dan dapat menggairahkan perekonomian bagi Indonesia.

Firman juga meminta pemerintah terus waspada akan gejolak penyebaran virus korona yang bisa berdampak langsung bagi perekonomian nasional.

"Jangan sampai target pertumbuhan ekonomi nasional sudah ditagetkan naik diatas 5 persen dengan adanya efek virus korona tidak akan tercapai. Nah ini tentunya pemerintah harus waspada akan hal ini. Dan ini sangat kita khawatirkan," ungkapnya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X