Hand Sanitizer Sulit Didapat? Ini Penggantinya yang Tak Kalah Efektif

- Kamis, 5 Maret 2020 | 14:24 WIB
Ilustrasi sanitizer (Envatoelements/Vladdeep)
Ilustrasi sanitizer (Envatoelements/Vladdeep)

Masker dan hand sanitizer menjadi barang langka di Indonesia. Banyak supermarket dan toko-toko yang kehabisan stok karena diborong. Selain itu, banyak juga yang menjual hand sanitizer dengan harga yang tak masuk akal.

Meski begitu, masih banyak juga orang yang kehabisan hand sanitizer. Tapi, sebenarnya ada lho alternatif lain pengganti hand sanitizer yang nggak kalah efektif untuk membasmi kuman.

Profesor biologi dari William Paterson mengatakan, alkohol, dapat digunakan sebagai pembersih tangan. Baik itu isopropyl maupun ethyl.

Kita bisa memakai alkohol sebagai penggantinya sebagai hand sanitizer, asalkan takaran alkoholnya mencapai 60% hingga 70%.

-
Ilustrasi hand sanitizer (Unsplash)

Adapun langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu, tuangkan alkohol ke dalam botol spray, kemudian semprotkan ke seluruh permukaan telapak tangan sebagai pengganti hand sanitizer.

Setelah itu, gosok-gosok alkohol tersebut hingga merata ke seluruh tangan. Agar kulitmu tak kering, sebaiknya gunakan hand body untuk membuat kulit menjadi lembab. Kamu juga bisa menambahkan gel lidah buaya ke dalam alkohol.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X