Menparekraf Bantah Soal Danau Toba dan Bali Jadi Wisata Halal

- Rabu, 13 November 2019 | 15:40 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio. (Antara Foto/Nova Wahyudi)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio. (Antara Foto/Nova Wahyudi)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama membantah pemberitaan di sejumlah media massa yang menyebutkan bahwa dirinya dan juga Angela Tanoesoedibjo (Wakil Menparekraf) akan menjadikan kawasan Danau Toba dan juga Bali untuk menjadi destinasi wisata halal di Indonesia. 

"Kami sampaikan bahwa kami tidak pernah mengeluarkan wacana wisata halal di Toba dan Bali dan mengeluarkan pernyataan sebagaimana yang diberitakan oleh sebuah media nasional, akan 'menyulap' Toba dan Bali sebagai destinasi wisata ramah wisatawan muslim," ujar Wishnutama dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (13/11). 

Menurut Wishnutama, akibat pemberitaan yang keliru tersebut akhirnya menyebabkan polemik yang begitu tajam di masyarakat, termasuk bagi para pelaku industri wisata di sana. 

"Persepsi yang muncul atas pemberitaan tersebut juga sangat bertolak belakang dengan pandangan dan komitmen kami dalam menghargai budaya, kearifan lokal dan  keberagaman," tuturnya. 

Ia pun meminta maaf kepada masyarakat wilayah Danau Toba dan juga Bali atas kesalahpahaman yang terjadi. 

Wishnutama juga menyampaikan apresiasinya kepada pihak media yang telah mengklarifikasi rumor itu. 

"Pariwisata kita terbangun atas kearifan masyarakat dan budaya lokal pada tiap destinasinya, sehingga menjadi daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan. Ada keramah-tamahan khas yang dirasakan para wisatawan dengan berbagai latar kultur dan agama," tuturnya.

"Kami sangat  meyakini bahwa budaya, kearifan lokal, dan kekayaan alam harus kita jaga, pelihara, dan kelola dengan baik agar pariwisata Indonesia selalu menciptakan daya tarik bagi wisatawan dan mendatangkan kesejahteraan rakyat," imbuhnya. (SN)

Artikel Menarik Lainnya:

Hasil Polling: Orang Indonesia Tak Bisa Hidup Tanpa Sambal

Alasan Ilmiah Orang Mudah Dibujuk Untuk Lakukan Bom Bunuh Diri

DPR: Tuntaskan Dulu PR BPJS

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X