Mahasiswa Kalteng Minta Presiden Jokowi Tinjau Karhutla

- Selasa, 17 September 2019 | 17:53 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
(photo/ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Mahasiswa di Kalimantan Tengah meminta Presiden Jokowi datang langsung ke Palangka Raya & sejumlah daerah lain di Provinsi Kalimantan Tengah. Mereka ingin Presiden melihat langsung kondisi asap di Kalteng.

"Presiden Joko Widodo jangan hanya ke Riau, namun seharusnya juga datang ke Kalteng," kata Wakil Presiden BEM Universitas Palangka Raya (UPR) Wawan Novardo di Palangka Raya, Selasa.

Hal itu diungkapkan oleh ratusan mahasiswa dari UPR dan partisipan dari Universitas Kristen Palangka Raya di depan Kantor Gubernur Kalteng.

Mereka menuntut pemerintah agar serius memperhatikan karhutla yang terjadi di sejumlah daerah.

Para mahasiswa menuntut agar Jokowi berlaku adil dan tak hanya mengunjungi Riau saja. Sebab kondisi asap di Kalteng dan sejumlah daerah lainnya sudah sangat merugikan masyarakat.

"Ketika kabut asap pekat menyelimuti Kalteng mana beliau, beliau hanya mengunjungi Riau. Kalteng juga bagian dari Indonesia," tegasnya.

Adapun sejumlah tuntutan mahasiswa, diantaranya pemerintah harus serius dan melaksanakan langkah nyata dalam menangani karhutla, serta membuat program pencegahan agar bencana tersebut tidak menjadi agenda tahunan.

Mereka ingin pemerintah pusat dan daerah harus melakukan mitigasi atau sejumlah upaya dalam mengurangi risiko karhutla, serta mendesak pemerintah daerah menerbitkan perda mengenai karhutla dan pengawasan lahan.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X