DPRD Sahkan Tatib Pemilihan Wagub DKI Jakarta Pekan Depan

- Kamis, 30 Januari 2020 | 15:55 WIB
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik ditemui di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (30/1/2020). (INDOZONE/Murti Ali Lingga)
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik ditemui di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (30/1/2020). (INDOZONE/Murti Ali Lingga)

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta akan mengesahakan draft tata tertib (Tatib) pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) pekan depan. Proses ini akan diambil dalam rapat pimpinan gabungan (Rapimgab). 

"Pokoknya tanggal 4 (Februari) Rapimgab berkaitan dengan tata tertib, kemudian tanggal 6 kalau enggak salah nanti paripurna, tanggal 7 apa tanggal 6 saya lupa itu nanti paripurna," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik ditemui di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (30/1/2020). 

Taufik menjelaskan, pihaknya tidak mempersoalkan adanya masuk rencana dilaksanakan digelarnya fit and proper test atau uji kelayakan para calon. Hanya saja, proses ini bakal dilakukan setelah terbentuk panitia pemilihan (Panlih) juga dibahas dalam Rapimgab. 

"Ya silakan saja mau pakai fit and proper test, mau menyampaikan visi misi, itu kan sama saja," ujarnya. 

Sebelumnya, Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menyerah surat yang berisi dua nama Wagub DKI Jakarta kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Selasa (21/2/2020).

Setelah diterima, Anies pun berkirim surat ke DPRD DKI Jakarta untuk menindaklanjutinya. 

Adapun dua nama yang dipilih Masing-masing dari Gerindra Ahmad Riza Patria dan dari PKS Nurmansyah Lubis. Proses pemilihan Wagub DKI Jakarta ini telah lama bergulir setelah dua calon sebelumnya gagal diproses yakni, Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

Kosongnya kursi Wagub DKI Jakarta bermula ketikan Sandi Salahuddin Uno memutuskan maju pada Pilpres 2019 lalu. Hingga akhirnya kursi orang nomor dua di DKI Jakarta masih kosong hingga kini.

 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X