The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ilmuwan Sebut Virus Corona Bukan dari Pasar Wuhan
Pasar yang menjual hewan liar di Wuhan. (Istimewa)
News

Ilmuwan Sebut Virus Corona Bukan dari Pasar Wuhan

Senin, 18 Mei 2020 11:34 WIB 18 Mei 2020, 11:34 WIB

INDOZONE.ID - Seorang ahli biologi molekuler, Aliana Chan dan ahli biologi evolusi, Shing Zhan dari Tiongkok meyakini bahwa virus Corona (COVID-19) bukan berasal dari pasar hewan di Wuhan.

Ilmuwan tersebut mengatakan bahwa virus tersebut dibawa ke pasar Wuhan oleh orang yang memang sudah memiliki penyakit tersebut. Pernyataan tersebut merujuk pada data genetik yang tersedia yang menunjukkan tidak adanya penularan silang spesies di pasar.

"Kemungkinan ada prekursor yang direkayasa secara non-genetik dapat beradaptasi dengan manusia, dan itu harus dipelajari serta dipertimbangkan lagi di laboratorium," demikian pernyataan ilmuwan tersebut, dilansir dari Daily Star.

Oleh karena itu, mereka pun meminta agar dilakukan penyelidikan ulang untuk membuktikan apakah hewan benar-benar menjadi media utama penularan virus Corona.

Sayangnya, penyelidikan tersebut akan sulit dilakukan mengingat pasar Wuhan telah didisinfektan dan ditutup.

"Lokasi utamanya benar-benar sudah dibersihkan. Bagaimana kita bisa menyelesaikan kasus ini tanpa bukti?," ujar pakar Universitas Hong Kong, Guan Yi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pasar hewan di Wuhan diyakini sebagai sumber penularan virus Corona. Meluasnya penyebaran virus Corona membuat pasar yang menjual hewan liar tersebut harus ditutup.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Dina
Zal

Zal

Editor
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US