Akhirnya Terkuak Penyebab Kematian Pendaki Sulistyawan, Bukan Karena Terperosok

- Selasa, 7 Juli 2020 | 11:26 WIB
Andi Sulistyawan ditemukan meninggal dunia saat mendaki Gunung Lawu. (Instagram/gunungreview)
Andi Sulistyawan ditemukan meninggal dunia saat mendaki Gunung Lawu. (Instagram/gunungreview)

Seorang pendaki ditemukan tewas saat mendaki Gunung Lawu yang berada di perbatasan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Senin (6/7/2020).

Korban bernama Andi Sulistyawan (18) warga Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar ditemukan meninggal dunia dalam keadaan telanjang dada.

Pendaki yang terpisah dari romobongan itu semula dikira jatuh ke jurang. Namun, dikonfirmasi pendaki tersebut meninggal diduga karena hipotermia.

Jenazah ditemukan dalam kondisi telanjang dada dengan hanya mengenakan celana jins warna hitam.

Terakhir kali diketahui sebelum terpisah dari rombongan, Andi masih mengenakan kaos hitam dan jaket merah marun.

-
Proses evakuasi pendaki tewas di Gunung Lawu

 

Sebelum ditemukan tewas, korban dilaporkan hilang dari rombongan saat berkemah di puncak Gunung Lawu yang memiliki ketinggian 3.265 mpdl, Minggu (5/7/2020).

Relawan Anak Gunung Lawu (AGL), Budi Santoso, mengatakan korban bersama empat orang naik ke Gunung Lawu dari jalur pendakian Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur pada Sabtu kemrin pukul 16.00 WIB dan tiba dipuncak pukul 22.30 WIB.

"Saat dipuncak pada Minggu dini hari, korban menghilang usai mengantarkan rekannya buang air kecil. Setelah korban dicari tidak ketemu, keempat rekannya turun dan melapor ke petugas di posko pendakian," ujar Budi, Senin (6/7).

 

Sementara itu Tim Reaksi Cepat (TRC) langsung bergerak untuk mengecek kebenaran informasi yang didapat mengenai seorang pendaki hilang.

Kemudian pada hari Senin ditemukan jenazah dengan ciri-ciri sama dengan laporan pendaki hilang.

"Korban ditemukan di bawah jurang sedalam sekitar 7 meter di kawasan Gegerboyo. Evakuasi korban terkendala cuaca ekstrim di puncak Gunung Lawu yang diguyur hujan dan kabut tebal," kata dia.

Ia menambahkan saat ini proses evakuasi dilakukan dengan membawa jenazah turun ke bawah lewat jalur pendakian via Cemoro Kandang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X