The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kemenkes: Hampir 200-an Anak Positif COVID-19 Setiap Harinya
Sejumlah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Mabdail Falah, Desa Sumurbandung, Lebak, Banten, Selasa (4/8/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)
News

Kemenkes: Hampir 200-an Anak Positif COVID-19 Setiap Harinya

Rabu, 05 Agustus 2020 21:27 WIB 05 Agustus 2020, 21:27 WIB

INDOZONE.ID - Berdasarkan data yang disampaikan Kementerian Kesehatan, pihaknya mengungkapkan bahwa sekitar 100 hingga 200-an anak terkonfirmasi positif COVID-19 setiap harinya.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan Jiwa Dr dr Fidiansjah Sp.KJ, MPH menyebutkan data per tanggal 2 Agustus sebanyak 8,3 persen kasus COVID-19 yang terjadi pada anak atau totalnya mencapai 9.390 kasus positif anak usia 0-18 tahun.

Sementara itu, dari jumlah tersebut 8,1 persen dirawat di rumah sakit, 8,7 persen sembuh, dan 1,9 persen meninggal dunia. Fidiansjah juga mengatakan bahwa dampak COVID-19 tidak hanya berimplikasi langsung pada kesehatan anak, namun juga psikososialnya.

Di tengah pandemi saat ini, ia menilai anak juga memiliki risiko yang meningkat terhadap gangguan kesehatan mental, mulai dari efek belajar dari rumah, hingga tidak mendapatkan perhatian dari orang tua.

Kemenkes mengungkapkan 47 persen anak merasa bosan tinggal di rumah, 35 persen khawatir ketinggalan pelajaran, 15 persen merasa tidak aman.

Tidak hanya itu, 34 persen merasa takut terinfeksi virus COVID-19, 20 persen merindukan teman-temannya, dan 10 persen merasa khawatir terhadap penghasilan orang tua yang mulai berkurang.

Sementara dari penerapan sistem pembelajaran jatak jauh, Kemenkes mencatat sebanyak 32 persen anak tidak mendapatkan program belajar dalam bentuk apapun sedangkan 68 persen anak memiliki akses.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda Fahriza Batubara
M. Rio Fani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US