IDI: Cuci Masker dengan Deterjen Bisa Bunuh Virus Corona, Asalkan Mengandung...

- Rabu, 4 November 2020 | 19:30 WIB
Pengunjung melihat desain masker yang dipamerkan di Summarecon Mal Serpong, Tangerang, Banten, Senin (2/11/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Fauzan)
Pengunjung melihat desain masker yang dipamerkan di Summarecon Mal Serpong, Tangerang, Banten, Senin (2/11/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Fauzan)

Ketua IDI Kota Jakarta Selatan, M Yadi Permana mengatakan bahwa mencuci masker dengan menggunakan detergen biasa atau yang mengandung klorin bisa untuk membunuh COVID-19 di masker.

Hal itu disampaikan Yadi ketika memberikan beberapa saran tata cara mencuci masker kain yang higienis. Ia juga menjelaskan beberapa literatur bagaimana mencuci masker kain dengan beberapa perlakuan khusus seperti harus direndam dengan air panas selama satu jam baru kemudian dicuci.

"Sebetulnya virus COVID-19 ini akan mati kalau misalnya kita menggunakan detergen biasa atau mengandung klorin," kata Yadi, seperti yang dilansir dari Antara, Rabu (4/11/2020).

Lanjut Yadi, cara mencuci masker juga cukup sederhana, cukup dengan menggunakan detergen yang mengandung bahan klorin di dalamnya, tanpa perlu lagi merendam ke dalam air panas (hangat).

"Detergen yang mengandung klorin mampu mematikan berbagai jenis virus," katanya.

Tidak hanya jenis detergen yang harus diperhatikan, ia juga menyarankan agar masker kain yang sudah dipakai, dicuci terpisah dengan pakaian yang kita kenakan. Langkah ini untuk mencegah atau menjaga  masker maupun pakaian yang kita pakai selalu higienis.

"Sebaiknya tetap dipisah karena pakaian itu mungkin saja terkena droplet yang bertebaran di udara, cuma yang jadi masalah kalau masker kain itu posisinya memang luarannya dari air liur yang langsung dari kita," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X