Sosok Maya Nabila, Baru 21 Tahun Sudah Menjadi Mahasiswa S3 ITB

- Jumat, 22 Januari 2021 | 11:20 WIB
Maya Nabila, mahasiswa S3 termuda (Dok. Pribadi)
Maya Nabila, mahasiswa S3 termuda (Dok. Pribadi)

Lulus 3,5 tahun saat menempuh program sarjana Strata-1 (S1) rasanya sudah cukup membanggakan dan membahagiakan.

Nah, bagaimana jika berhasil masuk S3 saat masih berusia 21 tahun? Mahasiswi bernama Maya Nabila berhasil mewujudkannya.

Dia menjadi mahasiswa termuda di jenjang pendidikan Strata-3 (S3) ITB pada PMB ITB Tahun Akademik 2021/2022, yaitu baru menginjak usia 21 tahun.

Maya Nabila mengambil program studi Matematika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB. 

Gadis kelahiran Padang, 9 Mei 1999 ini masuk SD di usia 5 tahun dan mengambil program akselerasi saat duduk di bangku SMA.

Maya berhasil menamatkan SMA dalam tempo 2 tahun dan lulus pendidikan sarjana kurang dari empat tahun.

”Sejak dari dulu aku memang suka belajar hal baru dan alhamdulillah ada kesempatan lanjut S2/S3 dengan program PMDSU, mungkin juga ada faktor lingkungan keluarga, soalnya papa juga kuliah sampai S3,” ucap Maya, dikutip dari laman resmi ITB, Jumat (22/1/2021).

Maya melanjutkan pendidikan S2 di ITB dengan beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Kemenristekdikti. 

Memang ada sedikit kendala yang dialaminya karena harus menyesuaikan pelajarannya sebelumnya saat menempuh pendidikan di Universitas Andalas prodi matematika.

Meski mengaku senang menjadi mahasiswa S3 termuda di ITB, Maya mengaku bahwa ini belum apa-apa karena dia belum memberikan kontribusi apapun untuk kampus atau negara.

”Perasaannya, yah senang sih ya, tetapi ini belum jadi apa-apa ‘kan, baru menjadi mahasiswa termuda saat ini, aku belum punya kontribusi apapun untuk kampus ataupun negara,” tutur mahasiswa termuda tersebut.

Gadis ini suatu hari nanti berharap ingin menjadi dosen agar bisa membagikan ilmu yang diperoleh dan juga ingin lebih mengenal dunia luar.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X