Anies Usul Pelajar yang Ikut Demo Beri Tugas Mengkaji soal UU Cipta Kerja

- Kamis, 15 Oktober 2020 | 21:46 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: INDOZONE)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: INDOZONE)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak memungkiri banyaknya pelajar yang ikut terlibat dalam aksi unjuk rasa menolak Undang-Undang Cipta Kerja belum lama ini.

Namun, Anies menyebut pihaknya tidak akan melakukan penertiban pada para pelajar tersebut untuk dikeluarkan dari sekolahnya. Hal itu karena dia berpandangan bahwa siswa sekolah tersebut harus diberi pendidikan lebih.

Ini berbeda dari orang dewasa, kata Anies, jika orang dewasa tersebut melakukan langkah yang salah, maka dia silakan dihukum.

"Kalau bagi kami, ini prinsip pendidikan, kalau ada anak yang memerlukan pendidikan lebih jauh justru harus diberikan lebih banyak bukan justru malah dikurangi," kata Anies seperti dilansir ANTARA, Kamis (15/10/2020).

Bahkan, untuk anak pelajar seperti itu Anies menilai memerlukan waktu untuk didik lebih jauh.

"Karena itu saya selalu sampaikan, sudah tidak zaman lagi kalau anak yang bermasalah malah dikeluarkan dari sekolah," ujar Anies.

Menurut Anies, para pelajar tersebut justru harus mendapatkan banyak perhatian dari institusi sekolah agar ada yang membina mereka bahkan diberi tugas seperti mengkaji Undang-undang Cipta Kerja.

"Jadi cara mendekati anak-anak ini harus diajak dialog lebih banyak. Nanti kalau sekolahnya sudah mulai, nanti gurunya bisa kasih tugas," ucapnya.

Pemberian tugas itu, bukan hanya membuat sibuk para pelajar, tapi merangsang pendidikan yang lebih jauh untuk peduli pada bangsanya.

Dalam kesempatan itu, Anies mengimbau kepada orangtua untuk ikut mengawasi para pelajar agar tidak ikut aksi demonstrasi, bahkan terlibat kisruh dengan aparat keamanan.

"Saat ini, saya mengimbau orangtuanya untuk mereka mendidik anak-anaknya bersama di rumah dan orangtuanya membimbing mereka," kata Anies.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X