Momen Jokowi Sambut PM Jepang di Istana, Tamu Kenegaraan Pertama Semasa Pandemi

- Rabu, 21 Oktober 2020 | 13:03 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga (kanan). (ANTARA FOTO/HO/Setpres-Muchlis Jr).
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga (kanan). (ANTARA FOTO/HO/Setpres-Muchlis Jr).

Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga beserta istri, Mariko Suga mengunjungi Indonesia Selasa (20/10/2020) kemarin dengan berbagai agenda. Kehadirannya di Indonesia disebut sebagai tamu kenegaraan pertama di masa pandemi dan disambut istana.

Melansir dari Antara, PM Suga tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten siang kemarin. Sekitar pukul 15.00 WIB lewat, Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga beserta istri, Mariko Suga, keluar dari pintu pesawat kenegaraan.

-
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga (tengah) berjalan menuju kendaraan setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (20/10/2020). Lawatan kenegaraan tersebut dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral antar kedua negara. ANTARA FOTO/HO/Setpres-Kris/

Tamu kenegaraan tersebut kemudian disambut Sekretaris Kabinet Pramono Anung telah menanti sejak beberapa menit yang lalu untuk menyambut kedatangan PM yang baru dilantik sejak 16 September 2020 itu. Penyambutan itu dilakukan dengan protokol kesehatan, tanpa jabat tangan, tanpa bersentuhan, dan menggunakan masker. 

Semuanya berjalan singkat tanpa banyak basa basi hingga rombongan diarahkan langsung ke Istana Kepresidenan Bogor.

Setibanya di Istana Bogor sekitar pukul 16.00 WIB, rombongan PM Yoshihide Suga disambut oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Prosesi kedatangan tamu negara kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi di teras Istana karena situasi hujan. Lagu kebangsaan kedua negara diperdengarkan dengan diiringi dentuman meriam sebanyak 19 kali.

-
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) bersama Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga (kedua kiri) bersama Madam Suga Mariko (kiri) melambaikan tangan saat menerima kunjungan di Istana Bogor. (ANTARA FOTO/HO/Setp

Selesai upacara, kedua pemimpin memperkenalkan delegasi masing-masing. Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana kemudian mengajak PM Yoshihide Suga dan Ibu Mariko Suga memasuki Ruang Teratai Istana Kepresidenan Bogor untuk menandatangani buku tamu kenegaraan dan berfoto bersama, sebelum melakukan perbincangan di veranda.

Kunjungan kenegaraan tersebut dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral antar kedua negara. Sebelum menuju Indonesia, PM Suga sempat mengunjungi Vietnam untuk acara serupa.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X