The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Belum Ketemu, KNKT Tetap Cari CVR Sriwijaya SJ-182 Secara Manual di Dasar Laut
Pesawat maskapai Sriwijaya Air. (Instagram/@sriwijayaair)
News

Belum Ketemu, KNKT Tetap Cari CVR Sriwijaya SJ-182 Secara Manual di Dasar Laut

Penting untuk investigasi.

Rabu, 03 Februari 2021 16:32 WIB 03 Februari 2021, 16:32 WIB

INDOZONE.ID - Meski operasi SAR pencarian puing dan korban Sriwijaya Air SJ-182 dihentikan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih mencari memori kotak hitam Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ-182 secara manual.

“Pencarian memori CVR dilanjutkan tanpa bantuan underwater location beacon, jadi kami meraba-raba di dasar laut. Ini kesulitan sendiri yang kita hadapi,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR di Jakarta seperti dilansir dari Antara, Rabu (3/2/2021).

Soerjanto mengatakan, pencarian CVR masih berlanjut untuk kepentingan investigasi sebab CVR sendiri memiliki peranan penting dalam merekam empat kanal suara dalam pesawat, yaitu suara dari mikrofon pilot, suara dari mikrofon co-pilot, suara dari ruang kemudi, kanal cadangan (interphone ruang kemudi dan kabin).

“Pencarian FDR dan CVR merupakan komponen penting dalam investigasi karena merekam data penerbangan, seperti waktu, ketinggian, kecepatan, koordinat dan lainnya,” tuturnya.

Kotak hitam FDR telah ditemukan pada 12 Januari 2021 dan telah diunduh serta terdapat 370 parameter, merekam 27 jam penerbangan, 18 penerbangan termasuk Sriwijaya Air SJ-182.

“Dari buku catatan (log book) pesawat, tidak ditemukan signifikan adanya kerusakan dari 6 hingga 9 Januari 2021,” ujarnya.

Dalam kesempatan sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pencarian memori CVR masih dilakukan karena terpisah.
 

Artikel menarik lainnya

TAG
Susi Fatimah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US