Ini 4 Jurus Agar Ekonomi RI segera Bangkit Menurut Akademisi

- Sabtu, 11 Juli 2020 | 12:43 WIB
Pedagang memakai masker dan face shield saat merapikan dagangannya di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Senin (15/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Pedagang memakai masker dan face shield saat merapikan dagangannya di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Senin (15/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Ada empat hal yang harus didorong oleh pemerintah kepada para pelaku usaha untuk dilakukan, agar perekonomian Indonesia bisa segera bangkit. Hal itu antara lain percepatan digitalisasi, peniadaan spesialisasi, melakukan diversifikasi hingga mendorong kolaborasi. 

Hal itu diungkapkan oleh Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Ahmad Erani Yustika dalam webinar yang diselenggarakan hari ini, Sabtu (11/7/2020). 

"Poin pertama adalah digitalisasi yang dipercepat. Sebab, saat masa pandemi, masyarakat sudah mulai terbiasa melakukan segala hal secara daring. Jadi kenapa ini tidak disegerakan saja proses digitalisasi," ujar Ahmad Erani. 

Kemudian yang kedua, lanjut dia, jangan ada lagi spesialisasi. Hal ini menurutnya penting, karena dengan menguasai lebih banyak hal, maka ketika salah satunya mengalami hambatan, bisa dengan mudah beralih ke usaha lain. 

"Ketiga adalah melakukan diversifikasi produk. Contohnya sekarang marak kopi-kopi yang dijual literan karena memang di masa pandemi, penggemar kopi akan sulit untuk duduk-duduk dan menikmati kopi di cafe. Dengan diversifikasi produk ke kopi literan, mereka tetap bisa menikmati kopi di rumah, dengan citarasa yang sama seperti di cafe," jelasnya. 

Kemudian yang terakhir adalah kolaborasi. Menurut Ahmad Erani, kolaborasi sangat diperlukan di zaman seperti sekarang ini. Kolaborasi sangat penting untuk menemukan arus-arus baru anak muda yang mendorong perubahan positif. 


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X