Ketua MPR Ajak Pemerintah dan Masyarakat Harus Bersama Atasi Bencana

- Minggu, 17 Januari 2021 | 15:23 WIB
 Ketua MPR Bambang Soesatyo. (photo/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Ketua MPR Bambang Soesatyo. (photo/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo mengajak pemerintah bersama masyarakat bisa bahu-membahu untuk membantu para korban bencana, serta mengatasi sejumlah bencana alam yang terjadi belakangan ini.

"Tahun 2021 baru memasuki pertengahan bulan Januari, namun sudah banyak terjadi bencana alam di Indonesia. Untuk itu, saya mengimbau agar kita semua tetap waspada," kata Bamsoet, dalam pernyataan tertulis, di Jakarta, Minggu.

Bamsoet sampaikan rasa prihatin dan bela sungkawa yang mendalam atas sejumlah musibah bencana alam di Tanah Air yang menyebabkan timbulnya korban jiwa dan kerugian materiil.

Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) mencatat ada 136 bencana alam terjadi di Indonesia sepanjang periode 1-16 Januari 2021 yang sudah merenggut setidaknya 80 korban jiwa dan 858 orang luka-luka.

Selain itu, Bamsoet mengatakan bahwa bencana alam terbanyak yang terjadi adalah banjir sebanyak 95 kejadian, tanah longsor 25 kejadian, puting beliung 12 kejadian, gempa bumi 2 kejadian dan gelombang pasang 2 kejadian yang membuat sebanyak 405.584 orang terdampak dan mengungsi.

"Belum lagi dua bencana besar berupa banjir di Kalimantan Selatan yang mengakibatkan setidaknya 5 orang meninggal dan 112 ribu orang mengungsi. Serta, gempa berkekuatan 6,2 M mengguncang Sulawesi Barat yang menyebabkan 56 orang meninggal dunia dan 637 orang luka-luka," kata Bamsoet.

Karena itu, Kepala Badan Bela Negara FKPPI tersebut meminta Kementerian Sosial (Kemensos) bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat dan BNPB untuk melaksanakan proses evakuasi yang aman bagi warga yang disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Serta, menyiapkan tempat penampungan bagi warga, bantuan-bantuan yang dibutuhkan para korban bencana, seperti tenda, selimut, obat-obatan, serta dapur umum dan MCK.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X