Kemenkes: Vaksin AstraZeneca Sudah Disuntikan di Wilayah Jawa Timur

- Senin, 22 Maret 2021 | 18:14 WIB
Warga mendapatkan vaksin COVID-19 Astrazeneca di Kecamatan Kota Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (22/3/2021). (Foto: ANTARA/Syaiful Arif)
Warga mendapatkan vaksin COVID-19 Astrazeneca di Kecamatan Kota Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (22/3/2021). (Foto: ANTARA/Syaiful Arif)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Oscar Primadi menuturkan bahwa vaksin Covid-19 AstraZeneca sudah digunakan di Provinsi Jawa Timur mulai hari ini, Senin (22/3/2021). Bahkan menurutnya Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur pun sudah disuntik dengan vaksin Astrazeneca.

"Kan sudah disuntikan hari ini ya alhamdulillah, pendistribusiannya sudah dilakukan di beberapa titik ya. Dan hari ini sudah mulai disuntikan di Jawa Timur. Alhamdulillah ketua MUI di Jawa Timur juga sudah disuntikan dengan AstraZeneca," ujar Oscar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/3/2021).

Menurut Oscar pemberian vaksin ini sesuai dengan kategori yang sudah ditentukan yakni umur lanjut usia (lansia) dan pelayanan publik.

"Sesuai dengan kategori. Kan saat ini lansia dan pemberi pelayanan publik," urainya.

BACA JUGA: Doni Monardo: Hanya Kalsel dan Jabar yang Bed Occupancy Rate di Atas 60%

Kemudian dia menyatakan nantinya vaksin AstraZeneca ini akan didistribusikan ke wilayah lainnya. Hanya saja dia belum bisa merinci wilayah mana saja yang bakal mendapatkan distribusi vaksin tersebut.

"Di mana yang membutuhkan ya, Jawa Timur buktinya hari ini sudah berjalan," ujar Oscar.

Selain itu, Oscar menuturkan vaksin AstraZeneca yang digunakan di Indonesia sama dengan yang ada di negara lain. Diharapkan penggunaan vaksin AstraZeneca bisa mempercepat kekebalan kelompok atau herd immunity.

"Saya rasa sama ya, platformnya sama, semuanya sama. Tentunya ya dalam konteks di kita insyaallah kita lebih akan mendapat percepatan-percepatan dalam cakupan imunisasi ini. Dan tentunya herd immunity yang ingin kita capai akan segera tercapai," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa vaksin Covid-19 produksi AstraZeneca akan segera dikirim dan digunakan di pondok pesantren yang ada di Jawa Timur.

Hal tersebut disampaikan Jokowi pasca bertemu dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, serta tokoh-tokoh ulama lainnya yang membahas mengenai vaksin itu.

"Beliau-beliau tadi menyampaikan bahwa Jawa Timur siap diberi vaksin AstraZeneca," ucapnya seperti dalam siaran langsung di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (22/3/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X