KSAD Ungkap Alasan Beri Nama Aprilio Perkasa Manganang, Ternyata Begini

- Jumat, 19 Maret 2021 | 18:24 WIB
Serda Aprilio Perkasa Manganang di Mabes TNI AD, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Serda Aprilio Perkasa Manganang di Mabes TNI AD, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa diketahui memberikan nama baru untuk Serda Aprilia Santini Manganang. Nama pengganti menjadi Aprilio Perkasa Manganang ternyata memiliki arti tersendiri.

"Jadi begini, setelah korektif sejuri pertama kemarin, kami tahu bahwa kami harus menindaklanjuti dengan menyerahkan surat permohonan ke Pengadilan Negeri untuk perubahan status jenis kelamin dari perempuan menjadi laki-laki dan nama. Jadi saya bilang 'Lanang kamu siapkan nama laki-laki mu'," kata Jenderal Andika kepada wartawan di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, Jumat (19/3/2021).

Andika menyebut kala itu Manganang berembuk dengan keluarganya terkait pemilihan nama laki-laki. Hasilnya, Manganang menyerahkan pemilihan nama ke Andika dan istirnya.

"Dia berembuk sama orang tuanya dan memutuskan dan menyerahkan kepada saya dan istri untuk memberi nama dia. Itu juga suatu tanggung jawab bagi saya," beber Andika.

Baca Juga: Dewa Kipas Tengah Ramai Jadi Polemik, Berapa Sih Harga Papan Catur Sekarang?

Hasilnya, Andika menyebut hanya mengubah nama depan dan nama tengah Manganang. Nama depan Manganang diubah dari Aprilia menjadi Aprilio karena orang tua Manganang memberi nama 'April' karena Manganang lahir pada bulan April.

Nama yang diubah selanjutnya yaitu Santini menjadi Perkasa. Andika sengaja menaruh namanya di tengah nama Manganang.

"Saya putuskan memberikan nama saya di nama tengahnya Perkasa tapi juga sekaligus sebagai suatu harapan. Lanang menjadi laki-laki yang perkasa dalam hal berani bertanggung jawab dan punya tanggung jawab yang besar dan bisa menunjukan eksistensi dirinya sebagai laki-laki," kata Andika.

Yang terakhir yaitu nama Manganang. Nama Manganang disebutnya tidak diubah karena merupakan nama marga atau nama keluarga.

Seperti diketahui, Aprilia Santini Manganang resmi berubah nama menjadi Aprilio Perkasa Manganang. Perubahan nama dan kelamin itu setelah menjalani persidangan

Aprilio sendiri sebelumnya merupakan atlet voli Indonesia yang kini bertugas di TNI AD. Singkat cerita, polemik terkait jenis kelamin Aprilio pun sempat terjadi dan Aprilio dinyatakan mengidap hipospadia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X