The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pemangkasan Pasokan dan Pelonggaran Lockdown Bikin Harga Minyak Melambung
Ilustrasi peleburan minyak mentah. (FREEPIK/jcomp).
News

Pemangkasan Pasokan dan Pelonggaran Lockdown Bikin Harga Minyak Melambung

Ini sebabnya

Selasa, 26 Mei 2020 09:37 WIB 26 Mei 2020, 09:37 WIB

INDOZONE.ID - Harga minyak naik pada Selasa (26/5/2020), di tengah tanda-tanda jelas bahwa produsen tetap berpegang teguh pada komitmen untuk mengurangi pasokan minyak mentah karena semakin banyak mobil kembali ke jalan dengan penguncian virus corona berkurang di seluruh dunia.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS berjangka naik 2,3%, atau 75 sen, menjadi USD34,00 pada 00.57 waktu setempat. Tidak ada penjualan WTI pada hari Senin, karena perdagangan AS libur, memperingati Hari Memorial.

Minyak mentah Brent berjangka naik tipis 0,7%, atau 23 sen menjadi USD35,76, menambah kenaikan 1,1% pada hari Senin dalam perdagangan singkat jelang liburan.

Pasar didukung oleh komentar dari Rusia yang melaporkan produksi minyaknya hampir turun ke target 8,5 juta barel per hari (bph) untuk Mei dan Juni, di bawah kesepakatan pemangkasan pasokan dengan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan para pemimpin lainnya produsen, pengelompokan yang dikenal sebagai OPEC +.

"Jelas ada perasaan bahwa pemotongan itu telah terjadi sebaik yang Anda harapkan," kata Daniel Hynes, ahli strategi komoditas senior di Australia dan Grup Perbankan Selandia Baru.

Negara-negara OPEC + akan bertemu lagi pada awal Juni untuk membahas mempertahankan pemotongan pasokan mereka untuk menopang harga, yang masih turun sekitar 45% sejak awal tahun. Produsen besar sepakat pada bulan April untuk memangkas produksi hampir 10 juta barel per hari untuk bulan Mei dan Juni.

Kementerian energi Rusia pada Senin mengutip menteri Alexander Novak yang mengatakan kenaikan permintaan bahan bakar akan membantu mengurangi surplus global saat ini sekitar 7-12 juta barel per hari pada Juni atau Juli.

"Dengan ekonomi dimulai kembali, fokus pasti adalah pada perbaikan fundamental, daripada apa yang tampak seperti runtuhnya permintaan hanya beberapa minggu yang lalu," kata ahli strategi Hynes.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Susi Fatimah
Dinno Baskoro
Sigit Nugroho

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US