Haji 2020 Dibatalkan, Jokowi Kumpulkan 8 Tokoh Agama

- Rabu, 3 Juni 2020 | 10:45 WIB
 Presiden kumpulkan tokoh lintas agama pascapembatalan keberangkatan haji (Foto: Biro Pers Setpres)
Presiden kumpulkan tokoh lintas agama pascapembatalan keberangkatan haji (Foto: Biro Pers Setpres)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin mengadakan pertemuan dengan delapan tokoh lintas agama di Istana Merdeka, Selasa 2 Juni 2020. Pertemuan itu digelar setelah pemerintah memutuskan untuk membatalkan keberangkatan jemaah haji ke Tanah Suci pada musim haji 2020.

Dalam pertemuan itu, keputusan pembatalan keberangkatan ibadan haji 2020 ternyata mendapat dukungan dari beberapa organisasi Islam di Tanah Air. Hal itu karena wabah pandemi virus corona yang dinilai masih mengancam kesehatan para jemaah.

“Sesuai ketentuan Islam, keamanan adalah salah satu syarat utama pelaksanaan ibadah haji. Demi kemaslahatan bersama ada baiknya pemerintah Indonesia mempertimbangkan dengan seksama untuk tidak menyelenggarakan ibadah haji 1441 H,” kata Abdul Mu’ti, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah seperti dilansir ANTARA, Rabu (3/6/2020).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa pandemi virus Corona ini bukan lagi hanya menjadi masalah kesehatan, tetapi juga telah berdampak ke sektor lain.

“Masalahnya bukan di sisi kesehatan saja, tapi juga sudah masuk ke bidang lain seperti ekonomi dan sosial,” kata Jokowi.

Adapun delapan tokoh lintas agama yang hadir antara lain Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Helmi Faishal Zaini, Sekretaris Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Muhyiddin Junaidi, Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Pdt. Gomar Gultom, dan Ketua Umum Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Ignatius Kardinal Suharyo.

Kemudian Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Mayjen TNI (Purn.) Wisnu Bawa Tenaya, Ketua Umum Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), Arief Harsono, dan Ketua Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin), Xs. Budi Santoso Tanuwibowo.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X