The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Haji 2020 Dibatalkan, Jokowi Kumpulkan 8 Tokoh Agama
Presiden kumpulkan tokoh lintas agama pascapembatalan keberangkatan haji (Foto: Biro Pers Setpres)
News

Haji 2020 Dibatalkan, Jokowi Kumpulkan 8 Tokoh Agama

Keputusan pembatalan haji 2020 dapat dukungan organisasi Islam.

Rabu, 03 Juni 2020 10:45 WIB 03 Juni 2020, 10:45 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin mengadakan pertemuan dengan delapan tokoh lintas agama di Istana Merdeka, Selasa 2 Juni 2020. Pertemuan itu digelar setelah pemerintah memutuskan untuk membatalkan keberangkatan jemaah haji ke Tanah Suci pada musim haji 2020.

Dalam pertemuan itu, keputusan pembatalan keberangkatan ibadan haji 2020 ternyata mendapat dukungan dari beberapa organisasi Islam di Tanah Air. Hal itu karena wabah pandemi virus corona yang dinilai masih mengancam kesehatan para jemaah.

“Sesuai ketentuan Islam, keamanan adalah salah satu syarat utama pelaksanaan ibadah haji. Demi kemaslahatan bersama ada baiknya pemerintah Indonesia mempertimbangkan dengan seksama untuk tidak menyelenggarakan ibadah haji 1441 H,” kata Abdul Mu’ti, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah seperti dilansir ANTARA, Rabu (3/6/2020).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa pandemi virus Corona ini bukan lagi hanya menjadi masalah kesehatan, tetapi juga telah berdampak ke sektor lain.

“Masalahnya bukan di sisi kesehatan saja, tapi juga sudah masuk ke bidang lain seperti ekonomi dan sosial,” kata Jokowi.

Adapun delapan tokoh lintas agama yang hadir antara lain Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Helmi Faishal Zaini, Sekretaris Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Muhyiddin Junaidi, Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Pdt. Gomar Gultom, dan Ketua Umum Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Ignatius Kardinal Suharyo.

Kemudian Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Mayjen TNI (Purn.) Wisnu Bawa Tenaya, Ketua Umum Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), Arief Harsono, dan Ketua Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin), Xs. Budi Santoso Tanuwibowo.


Artikel Menarik Lainnya:
TAG
Edi Hidayat
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US