The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tersangka Ruslan Buton Kini Ditahan Selama 20 Hari di Rutan Bareskrim
Ruslan Buton dijemput polisi terkait videonya yang menuntut Jokowi mundur. (Istimewa)
News

Tersangka Ruslan Buton Kini Ditahan Selama 20 Hari di Rutan Bareskrim

Minggu, 31 Mei 2020 00:30 WIB 31 Mei 2020, 00:30 WIB

INDOZONE.ID - Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan bahwa tersangka kasus ujaran kebencian, Ruslan Buton kini telah ditahan selama 20 hari kedepan sejak Jumat (29/5/2020) hingga 17 Juni 2020 di Rutan Bareskrim.

"Ya, sudah ditahan di (Rutan) Bareskrim," kata Irjen Argo di Jakarta, Sabtu (30/5/2020) malam.

Atas hal yang dilakukannya, Ruslan dijerat Pasal 14 ayat (1) dan (2) dan atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana yang dilapis dengan Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman pidana enam tahun dan atau Pasal 207 KUHP, dan bisa mendapatkan pidana dengan ancaman penjara 2 tahun.

Dalam penangkapan tersebut, barang bukti yang telah disita polisi, yakni satu ponsel pintar dan sebuah KTP milik Ruslan.

Ruslan ditangkap setelah membuat pernyataan terbuka kepada Presiden Joko Widodo dalam bentuk rekaman suara pada Senin (18/5/2020) lalu melalui media sosial.

Dalam rekaman yang beredar tersebut, Ruslan mengkritisi kepemimpinan Jokowi. Ruslan menilai bahwa Jokowi harus mundur sebagai solusi terbaik untuk menyelamatkan bangsa Indonesia.

Ia juga mengakui bahwa rekaman suara tersebut ialah miliknya.

"Namun bila tidak mundur, bukan menjadi sebuah keniscayaan akan terjadinya gelombang gerakan revolusi rakyat dari seluruh elemen masyarakat," tutur Ruslan.

Ia juga mengakui bahwa setelah merekam pernyataan itu, ia kemudian menyebarkannya lewat grup WA dan akhirnya viral di media sosial.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Zega
M. Rio Fani
Zega

Zega

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US