Terpilih Menjadi Menjadi Menteri Agama, Ini Sosok H. Yaqut Cholil Qoumas

- Selasa, 22 Desember 2020 | 18:44 WIB
Yaqut Cholil Qoumas (ANTARA/Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden/pri)
Yaqut Cholil Qoumas (ANTARA/Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden/pri)

Presiden Joko Widodo baru saja mengumumkan nama-nama baru yang mengisi kursi menteri di Kabinet Indonesia Maju setelah dilakukan pergantian jabatan (reshuffle) pada Selasa (22/12/20). 

Dari keenam nama baru menteri tersebut salah satunya adalah Yaqut Cholil Qoumas atau yang akrab disapa Gus Yaqut yang ditunjuk menjadi Menteri Agama (Menag) menggantikan Fachrul Razi.

H. Yaqut Cholil Qoumas merupakan salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang lahir di Rembang, 4 Januari 1975.

Pria berusia 45 tahun ini juga merupakan Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor, salah satu badan otonom Nahdlatul Ulama (NU)

Gus Yaqut yang merupaka alumnus Universitas Indonesia dengan jurusan sosiologi ini merupakan putra dari KH Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri PKB dan saudara dari Yahya Staquf, Katib Aam PBNU.

Ia mengenyam pendidikan di SDN Kutoharjo (1981-1987), dan melanjutkan pendidikannya ke SMPN II Rembang (1987-1990), lalu meneruskan pendidikannya ke SMAN II Rembang (1990-1993).

Di dunia kariernya Gus Yaqut memulai karier bidang politiknya di PKB Rembang, Gus Yaqut dipercaya menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Rembang (2001-2014).

Pada tahun yang 2005 Gus Yaqut maju mencalonkan diri menjadi Wakil Bupati pada Pilkada 2005 dan terpilih menjadi Wakil Bupati Rembang (2005-2010). 

Hingga pada 2014 Gus Yaqut dilantik menjadi Anggota DPR-RI sebagai Pergantian Antar Waktu (PAW) menggantikan Hanif Dhakiri yang dilantik menjadi Menteri Tenaga Kerja di Kabinet Kerja Presiden Jokowi.

Diketahui selain Gus Yaqut, lima nama menteri baru lainnya adalah Tri Rismaharini yang dipilih menjadi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Juliari Batubara.

Kemudian Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menggantikan Wishnutama. Lalu Budi Gunadi Sadikin didapuk menjadi Menteri Kesehatan (Menkes) menggantikan dr Terawan. Nama lainnya adalah Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) menggantikan Edhy Prabowo, dan Muhammad Lutfi menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan Agus Suparmanto.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X