6 Kasus Kriminal yang Paling Menonjol di Ibu Kota Sepanjang 2020, Apa Saja?

- Rabu, 23 Desember 2020 | 15:06 WIB
Kasus John Kei dan Kasus Habib Rizieq Shihab jadi kasus kriminal yang paling disoroti sepanjang 2020. (INDOZONE).
Kasus John Kei dan Kasus Habib Rizieq Shihab jadi kasus kriminal yang paling disoroti sepanjang 2020. (INDOZONE).

Polda Metro Jaya membuka data kasus-kasus yang menonjol dalam rilis akhir tahun 2020. Kasus yang menonjol di ibu kota dan disidik oleh Polda Metro Jaya antara lain kasus John Kei hingga Habib Rizieq Shihab.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyebut kasus menonjol pertama yakni sebaran berita hoax, hate speech terkait Covid-19. Ada sebanyak 443 kasus yang berhasil diungkap di sepanjang tahun 2020.

"Pada masa pandemi Covid-19 saat ini banyak penyebaran berita hoax dan hate speech, namun kasus-kasus tersebut berhasil diungkap tim Siber jajaran Polda Metro Jaya," kata Irjen Fadil dalam rilis akhir tahun 2020 di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Baca Juga: Pencari Belut Tewas karena Setrum Jebakan Tikus, Ditemukan Terkapar Sambil Pegang Senter

Selain hoaks, ada enam kasus menonjol lainnya. Kasus menonjol itu berkaitan dengan penyerangan oleh kelompok John Kei hingga kasus kerumunan yang menyeret pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS).

Berikut enam kasus yang menonjol sepanjang 2020 di ibu kota:

  1. Kasus praktek aborsi tidak memiliki izin edar di Jakarta Pusat pada Februari 2020.
  2. Kasus penyerangan dan pengerusakan rumah Nus Kei oleh kelompok Jhon Kei pada Juni 2020. Jhon Kei dan kelompoknya sudah ditangkap Polda Metro Jaya dan kasus itu sendiri sudah dalam proses persidangan.
  3. Kasus pesta sex sesama jenis di Kuningan, Jakarta Selatan pada Oktober 2020. Dalam kasus ini 54 orang ditetapkan sebagai tersangka.
  4. Kasus demo Omnibus Law berujung ricuh. Ada sebanyak 143 orang ditetapkan sebagai tersangka diantara 20 pelaku pembakaran fasilitas umum.
  5. Kasus pembegalan sepeda yang marak terjadi.
  6. Kasus kerumunan acara Habib Rizieq dan diduga melanggar protokol kesehatan. Hingga saat ini kasus tersebut masih berproses dan disidik di Bareskrim Polri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X