Tahun 2021, Polri Fokuskan Operasi di Papua Hingga Poso

- Selasa, 22 Desember 2020 | 11:57 WIB
Sejumlah anggota Brimob Polda Papua mendengar arahan. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)
Sejumlah anggota Brimob Polda Papua mendengar arahan. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Dalam rilis akhir tahun 2020 Mabes Polri, dibeberkan rencana tindak lanjut Polri kedepannya yakni di tahun 2021. Rencana tindak lanjut yang dimaksud yaitu melanjutkan operasi-operasi yang sudah ada seperti di Papua hingga Poso.

"Capaian-capaian keberhasilan Polri di 2020 baik di bidang pembinaan maupun di bidang operasional. Tentunya apa yang disampaikan bapak Kapolri ini menjadi motivasi anggota Polri secara keseluruhan dimana pada tahun 2021 tentunya Polri bisa bekerja lebih baik, bisa dicintai oleh masyarakat, Polri lebih promoter dalam melaksanakan tugas-tugasnya," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Khusus untuk operasi-operasi, Rusdi menyebut ada beberapa operasi yang akan diteruskan pada tahun 2021. Salah satu operasinya yakni operasi di Papua dan Poso.

"Untuk operasi-operasi ke depan telah disampaikan oleh Bapak Kapolri, kita memang menggelar operasi-operasi di Papua. Operasi Nemangkawi kemudian operasi di Poso yaitu Operasi Tinombala dan operasi lainnya," beber Rusdi.

Pada Satgas Nemangkawi, Rusdi menyebut pihaknya tetap berkerjasama dengan TNI untuk memburu Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Termasuk pula Satgas Tinombala yang terus bekerja memburu kelompok teroris jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso.

"Demikian juga dengan Operasi Tinombala dengan sasaran penanganan kelompok MIT pimpinan Ali Kalora ini tetap kita gelar bersama-sama dengan TNI pada 2021. Kita masih punya target 11 orang yang harus diselesaikan dalam arti dituntaskan. Kita lakukan upaya-upaya penegakan hukum, mudah-mudahan target-target itu dapat tercapai pada 2021," kata Rusdi.

Selain operasi di Papua maupun Poso, Polri juga tetap melakukan operasi lainnya pada tahun depan. Operasi yang sebentar lagi akan digelar yaitu operasi pengamanan libur natal dan tahun baru dengan sandi Operasi Lilin.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X