Ajukan Permohonan Jadi WNI, Dua Bule di Bali Diminta Nyanyikan Lagu Indonesia Raya

- Rabu, 3 Maret 2021 | 11:00 WIB
Proses sidang pewarganegaraan di Ruang Sahadewa Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Selasa (2/03/2021). ANTARA/Humas KemenkumHAM Bali. (Antara/Ayu Khania Pranisitha/2021)
Proses sidang pewarganegaraan di Ruang Sahadewa Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Selasa (2/03/2021). ANTARA/Humas KemenkumHAM Bali. (Antara/Ayu Khania Pranisitha/2021)

Dua warga Negara Asing (WNA) di Bali mengajukan permohonan untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI). Mereka adalah Troy Sinclair asal Inggris dan Marlon Gerber asal Australia.

Dalam persidangan, keduanya mendapat pertanyaan tentang wawasan Kewarganegaraan dan juga diminta menyanyikan lagu Indonesia Raya. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah KemenkumHAM Bali, Jamaruli Manihuruk.

"Dalam sidang tersebut, kami sebagai tim verifikasi mengajukan beberapa pertanyaan diantaranya pertanyaan tentang wawasan Kewarganegaraan, Pajak dan Tindakan Kriminal," kata Jamaruli, Rabu (3/3/2021).

"Kedua WNA tersebut bisa menjawab pertanyaan tentang wawasan Kewarganegaraan dengan cukup baik. Keduanya juga bisa menyanyikan (lagu Indonesia Raya)," lanjutnya.

WNA tersebut pertama kali datang ke Indonesia sekitar tahun 2003-2004. Hingga saat ini, Troy Sinclair tinggal di Desa Klumpu, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Selain itu, mereka juga memiliki usaha yang bergerak di bidang pariwisata di Nusa Lembongan, Kabupaten Klungkung, Bali.

Sementara WNA kedua bernama Marlon Gerber, sebelumnya merupakan WNA berkebangsaan Swiss. Kata Kakanwil, Marlon Gerber ini pernah bersekolah di Bali hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selain itu, ia juga memiliki seorang Ibu yang berasal dari Indonesia.

"Kedua WNA tersebut taat dalam melaporkan pajak dan tidak pernah melakukan tindakan kriminal," jelas Jamaruli.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X