The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Polisi Tangkap 4 Penambang Emas Ilegal di Banten, Puluhan Karung Disita
Polisi tangkap 4 penambang emas ilegal di Banten. (dok Humas Polda Banten)
News

Polisi Tangkap 4 Penambang Emas Ilegal di Banten, Puluhan Karung Disita

Laporan dari masyarakat.

Selasa, 29 Desember 2020 12:03 WIB 29 Desember 2020, 12:03 WIB

INDOZONE.ID - Satuan Reserse Kriminal Polres Lebak Banten berhasil menciduk empat penambang emas ilegal di kawasan Lebak. Dari penangkapan ini, polisi menyita puluhan karung bahan baku mineral logam emas.

"Kasus penambangan ilegal ini berhasil terungkap berdasarkan laporan dari masyarakat dan tindak lanjut dari penyegelan tambang yang sebelumnya dilakukan oleh Satpol PP Lebak," kata Kasat Reskrim Polres Lebak AKP David Adhi Kusuma dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (29/12/2020).

Ada tiga kasus penambangan ilegal yang berlangsung diseluruh wilayah Lebak antara lain penambangan emas di Blok Cibareno Kampung Ciawi dan penambangan pasir di Kampung Ciluluk, Desa Keusik, dan Kampung Cikaemanggu,  Desa Tamansari.

Dari ketiga kasus penambangan itu, polisi menangkap empat orang tersangka. Seluruh tersangka kini masih berada di Polres Lebak untuk dilakukan introgasi lebih lanjut.

"Dari tiga kasus, ada empat orang tersangka yang diringkus oleh Tim Macan Lebak, mereka berinisial D, R, BP dan RK," ungkap David.

Dari pengungkapan kasus tersebut, polisi berhasil mengamankan 130 karung bahan baku mineral logan emas, satu buah tabung gas elpiji berukuran tiga kilogram yang biasa digunakan tersangka untuk proses pemurnian logam emas. Kemudian ada pula dua unit excavator yang digunakan untuk operasional tambang pasir.

"Dari hasil kejahatannya, tersangka D dan R yang terlibat kasus PETI dijerat Pasal 161 UU RI nomor 3 tahun 2020 tentang perubahan atas UU RI nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan mineral dan batu bara dengan ancaman 10 tahun penjara," kata David.

Sedangkan untuk tersangka BP dan RK dijerat dengan Pasal 158 UU RI nomor 3 Tahun 2020 tentang pertambangan mineral dan batubara dengan ancaman 5 Tahun penjara.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Yulia Marianti
Samsudhuha Wildansyah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US