Ini Langkah yang Dilakukan Ridwan Kamil setelah Tanggul Citarum Jebol

- Rabu, 24 Februari 2021 | 11:12 WIB
Ridwan Kamil saat mengunjungi warga yang terdampak banjir. (Instagram/@ridwankamil)
Ridwan Kamil saat mengunjungi warga yang terdampak banjir. (Instagram/@ridwankamil)

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan jajarannya langsung bergerak cepat menangani tanggul-tanggul sungai yang jebol di Bekasi dan Kabupaten Subang dengan menggunakan geobag.

Ridwan Kamil melalui akun Instagram-nya membagikan sejumlah foto yang memperlihatkan sejumlah petugas menangani tanggul dengan menaruh sejumlah geobag. Ridwan juga memperlihatkan program kerja komprehensif untuk mengurangi banjir bogor-bekasi yang sedang progres dan proses.

Karena menurut BMKG hujan lebat masih akan tetap terjadi hingga akhir Februari, masyarakat diminta untuk tetap waspada dan berhati-hati.

Baca juga: Banjir dengan Ketinggian 2,5 Meter Masih Rendam Kabupaten Bekasi, Ini Penyebabnya

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Ridwan Kamil bersama tim Kementerian PUPR juga telah melakukan persiapan perbaikan tanggul Citarum yang jebol di Kabupaten Bekasi. Perbaikan akan dilakukan ketika banjir sudah surut.

"PERSIAPAN PERBAIKAN bersama tim Kementrian PUPR untuk memperbaiki tanggul Citarum yang jebol di Kab Bekasi. Perbaikan bisa dilakukan karena kondisi banjir sebagian sudah surut," kata Ridwan Kamil melalui akun Instagram-nya.

Dia kemudian menjelaskan penyebab tanggul jebol. Kapasitas Citarum maksimal hanya 800 m3/detik, namun kemarin tanggul tersebut ditekan oleh aliran air sebanyak 1300 m3/detik.

Karena itu, pihak kementeian PUPR akan melakukan penghitungan ulang untuk menambah kapasitas tanggul.

"Kemarin tanggul jebol karena kapasitas Citarum yang maksimal hanya 800 m3/detik kemarin2 ditekan oleh aliran air sebanyak 1300 m3/detik. Sedang dihitung ulang oleh para insinyur PUPR kekuatan baru untuk menangkal hal serupa di masa depan," kata Ridwan Kamil.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X