Guskamla Koarmada I TNI AL Usir 84 Kapal Asing yang Berlabuh Ilegal di Kepri

- Minggu, 14 Juni 2020 | 22:20 WIB
KRI berupaya mengamankan kapal yang diduga melakukan tindakan ilegal di wilayah NKRI. (Dok Guskamla I)
KRI berupaya mengamankan kapal yang diduga melakukan tindakan ilegal di wilayah NKRI. (Dok Guskamla I)

Gugus Keamanan Laut Komando Armada (Guskamla Koarmada) I mengusir 84 kapal asing yang lego jangkar atau berlabuh secara ilegal di Tanjung Berakit Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Pengusiran 84 kapal asing ini merupakan salah satu upaya TNI AL meningkatkan operasi keamanan laut RI, di wilayah yang rawan gangguan keamanan.

Mulai dari aktivitas ilegal, pelaku tindakan gangguan keamanan laut terhadap kapal yang melintas serta pemanfaatan ruang laut untuk kegiatan ilegal.

"Upaya tersebut telah membuahkan hasil dengan berhasil diamankannya pelaku gangguan keamanan di laut yang biasa melakukan aksi pencurian di kawasan Tanjung Balai Karimun, pengusiran terhadap 84 kapal asing yang lego jangkar secara ilegal di Tanjung Berakit dan penangkapan sejumlah kapal asing yang lego jangkar ilegal di wilayah teritorial Indonesia serta kegiatan illegal lainnya," kata Danguskamla Koarmada I, Laksma TNI Yayan Sofiyan, Minggu (14/6/2020).

Dalam seminggu terakhir, Guskamla Koarmada I telah mengamankan sejumlah kapal yang diduga melanggar aturan. Sebagian besar kapal-kapal itu melakukan pelanggaran terkait UU No 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.

Tangkapan lalu dikawal ke Lantamal IV TPI. Apabila ditemukan cukup bukti, maka akan diproses lanjut sesuai ketentuan yang berlaku.

Danguskamla Koarmada I juga mengapresiasi KRI Kujang-642 yang kejar MT Tenggiri hingga wilayah Singapura, ketika akan diperiksa.

Kapal ini melawan dan bermanuver berbahaya sehingga sehingga KRI Kujang-642 bertindak represif berupaya menguasai MT Tenggiri dengan menaikkan Tim VBSS. Namun, komandan menarik tim ketika kapal memasuki wilayah Singapura.

"Kenapa harus melarikan diri jika memang tidak ada hal-hal yang patut ditakuti," tegas Yayan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X