Kecelakaan Bus dan Kereta Api di Thailand Renggut 20 Nyawa

- Senin, 12 Oktober 2020 | 10:55 WIB
Kondisi bus yang tebalik akibat kecelakaan dengan kereta api di Thailand pada Minggu (11/10/2020). (photo/epa-efe /Rungroj Yongrit)
Kondisi bus yang tebalik akibat kecelakaan dengan kereta api di Thailand pada Minggu (11/10/2020). (photo/epa-efe /Rungroj Yongrit)

Sebuah bus mengalami kecelakaan tabrakan dengan kereta api di Thailand tengah pada Minggu (11/10/2020). 

Berdasarkan hasil keterangan polisi setempat, peristiwa ini menewaskan setidaknya 20 orang dan menyebabkan 30 orang lainya luka-luka. 

"Kecelakaan terjadi pada pukul 08.05 pagi waktu setempat di dekat stasiun kereta Khlong Kwaeng Klan, 63 km ke arah timur dari Bangkok," kata Maitree Tritilanon, Gubernur provinsi Chachoengsao, di mana kecelakaan tersebut terjadi.

Dikuti dari antaranews.com, bus yang mengalami kecelakaan tersebut membawa sebanyak 60 pekerja pabrik menuju sebuah upacara Buddha di kuil tengah melintasi rel kereta api. Para penumpang sedang melakukan perjalanan dari provinsi Samut Prakan ke sebuah kuil Buddha di Chachoengsao untuk upacara penghargaan yang menandai akhir dari Pra-paskah Buddha.

Kereta api barang pada saat yang sama bergerak menuju ibu kota dari bagian timur Thailand menghantam badan bus. 

Bus itu terbalik dan bagian atasnya rusak  parah dengan puing-puing dan logam berserakan di sekitar area kecelakaan. Sedangkan kereta api tetap berada di jalur kereta api, sehingga tidak ada kerusakan yang didapat. 

Maitree mengatakan, perlintasan itu memiliki tanda peringatan namun tidak ada palang pintu penghalang untuk menutup lalu lintas saat kereta datang. 

Ia juga manambahkan, provinsi Chachoengsao dengan segera akan memasang gundukan dan palang pintu serta menebang pohon di dekat perlintasan kereta api untuk meningkatkan jarak pandang.

“Biarlah kasus ini menjadi pelajaran, dan kami akan melakukan perbaikan di tempat-tempat yang berisiko agar kecelakaan seperti itu tidak terjadi lagi,” kata Maitree dalam pernyataannya.

Jalanan di Thailand termasuk jalan yang paling mematikan di dunia, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hanya sedikit mengalami peningkatan,  meskipun kampanye keselamatan telah dilakukan selama bertahun-tahun.

Artikel Menarik Lainnya :

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X