Sepanjang 2020 Ada 22 Teror KKB di Intan Jaya Papua

- Selasa, 13 Oktober 2020 | 15:34 WIB
Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw. (Dok Humas Polda Papua)
Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw. (Dok Humas Polda Papua)

Polda Papua membeberkan deretan aksi teror dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sepanjang tahun 2020 di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Total, sudah ada 22 aksi teror yang dilakukan oleh KKB.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw. Data itu dihimpun sejak awal tahun 2020 hingga bulan Oktober 2020.

"Dalam catatan kami tercatat sudah 22 kali aksi penembakan yang terjadi di Intan Jaya yang dilakukan oleh KKB," kata Irjen Paulus dalam keterangannya kepada Indozone, Selasa (13/10/2020).

Jenderal polisi bintang dua itu menyebut KKB dilengkapi dengan senjata api berbagai jenis yang diantaranya senjata hasil rampasan milik TNI-Polri. Dia menyebut pihaknya bersama TNI akan terus melakukan penindakan hukum dan tegas terhadap KKB.

"Sebagai aparat penegak hukum kami akan terus melakukan pengejaran terhadap kelompok bersenjata itu dimana kelompok itu sebenarnya memiliki senjata yang bukan hak dan kewenanganya," ungkap Paulus.

Seperti diketahui beberapa waktu belakangan ini memang KKB gencar melakukan aksi teror di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Terbaru, kasus penambakan terhadap seorang pendeta.

KKB kala itu gencar menuduh personel TNI yang melakukan penembakan terhadap pendeta itu. Namun, Polda Papua membantah keras statemen dari KKB dan menduga kuat aksi penembakan itu dilakukan oleh KKB.

Mabes Polri sendiri sempat angkat bicara prihal kasus ini. Mabes Polri menyebut KKB kerap melontarkan tuduhan-tuduhan terhadap TNI-Polri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X