The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ingatkan Perlunya Upaya Pencegahan di Sekolah, PMI: Risiko Penularan Virus Masih Tinggi
ekjen PMI Sudirman Said (kanan) menjelaskan kesiapan PMI menghadapi persebaran virus corona, Kamis (12/3/2020). (Photo/ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)
News

Ingatkan Perlunya Upaya Pencegahan di Sekolah, PMI: Risiko Penularan Virus Masih Tinggi

Kamis, 16 Juli 2020 20:16 WIB 16 Juli 2020, 20:16 WIB

INDOZONE.ID - Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI), Sudirman Said mengingatkan kepada pemerintah untuk melakukan upaya pencegahan klaster baru di sekolah meski wilayah tersebut zona hijau.

"Meskipun belajar tatap muka di sekolah sudah berlaku untuk zona hijau, harus dipikirkan ulang bagaimana resikonya. Sepanjang masih ada kemunculan kasus di manapun itu, artinya resiko terbuka bagi penularan virus," kata Sudirman, Kamis (16/7/2020).

Sudirman menjelaskan bahwa masih ada kemungkinan virus corona menyebar ke tempat lain selagi masih ada kasus COVID-19. Ia menilai resiko penyebaran virus masih tinggi dan kewaspadaan masyarakat mulai menurun.

"Kita perlu bangkitkan kembali solidaritas warga untuk saling mengingatkan, saling menjaga. Ada rumusan 'outbreak anywhere is outbreak everywhere', artinya kalau ada penyebaran kasus di Bandung, Surabaya, Semarang, dan lain-lain. Itu artinya selalu ada risiko penyebaran di tempat-tempat lain," paparnya.

Ia menjelaskan bahwa PMI memiliki langkah antisipasi untuk meminimalkan risiko klaster baru COVID-19 di sektor pendidikan. PMI melakukan promosi kesehatan tentang kampanye protokol kesehatan ke sekolah-sekolah.

"Dengan usaha yang demikian, kami tetap berpandangan bahwa cara terbaik mengurangi risiko adalah menghindari kerumunan," katanya.

Selain itu, PMI juga bekerja sama dengan elemen masyarakat dan TNI/Polri untuk aktif melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum, termasuk sekolah.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US