Airlangga: Pada 2019, Google Prediksi Indonesia Punya Pertumbuhan Tercepat di ASEAN

- Rabu, 11 November 2020 | 17:48 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Photo/Dok. Kementerian Perekonomian)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Photo/Dok. Kementerian Perekonomian)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa pertumbuhan industri teknologi finansial atau financial technology (fintech) Indonesia yang diprediksi oleh Google dan Temasek akan mengalami pertumbuhan paling cepat di lingkup ASEAN.

"Pada 2019, Google dan Temasek memprediksi Indonesia adalah pertumbuhan tercepat di lingkup ASEAN," katanya dalam pembukaan Indonesia Fintech Summit 2020 di Jakarta, dilansir dari Antara, Rabu (11/11/2020).

Selain itu, Airlangga juga mengatakan bahwa peranan fintech saat ini diperkirakan mencapai 40 miliar dolar AS. Hal itu dibuktikan dengan pertumbuhan tahunan sekitar 50 persen dan pada 2025 diproyeksikan nilainya lebih dari 100 miliar dolar AS.

Baca juga: Dari Hasil Riset Menteri Keuangan Sebut Potensi Ekonomi Digital RI Luar Biasa

Menurutnya, hal itu bisa terwujud karena fintech merupakan sektor yang paling kompetitif dengan terbangunnya empat unicorn dan satu decacorn di Indonesia yang nilainya lebih dari 10 miliar dolar AS.

"Fintech bersama revolusi industri 4.0 e-commerce on demand service telah menjadi ikon atau showcase bagi ekonomi digital Indonesia," ujarnya.

"Keberhasilan pengembangan fintech juga kami apresiasi dengan OJK memperkenalkan regulasi regulatory sandbox yang memungkinkan inovasi tetap berjalan," tambahnya.

Airlangga menjelaskan bahwa fintech memainkan peran penting terhadap pencapaian indeks inklusi keuangan sebesar 76 persen pada 2019 dan akan mendukung mewujudkan target sebesar 90 persen pada 2024.

"Potensi fintech ini dengan sejumlah tantangan tentunya utamanya adalah literasi keuangan. Digital didukung dengan ekosistem dan kolaborasi yang lintas sektoral untuk memaksimalkan program dan inisiatif pemerintah," tegasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X