Soal Kerumunan Acara Rizieq Shihab, Mahfud MD: Pemerintah Telah Ingatkan Anies

- Senin, 16 November 2020 | 15:12 WIB
Mahfud MD singgung soal massa Habib Rizieq. (Instagram/@mohmahfudmd).
Mahfud MD singgung soal massa Habib Rizieq. (Instagram/@mohmahfudmd).

Menteri Koordinasi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD menyebutkan bahwa pemerintah telah memperingati Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait soal kerumunan yang terjadi karena acara Habib Rizieq Shihab.

Oleh sebab itu, pemerintah menyesalkan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan pada pelaksanaan pesta pernikahan dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar di Petamburan, Jakarta Pusat.

"Di mana pemerintah sebenarnya telah memperingatkan Gubernur Provinsi DKI Jakarta untuk meminta penyelenggara agar mematuhi protokol kesehatan," ucap Mahfud dalam konferensi persnya, Senin (16/11/2020).

Lebih lanjut, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini penegakkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 adalah kewenangan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mengatur, dan menindaknya.

Baca Juga: Pilkada Serentak 2020 Tetap Digelar, PA 212 Bakal Bikin Reuni yang Lebih Besar

"Kita semua, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat dalam delapan bulan terakhir telah mengerahkan seluruh daya," ungkap Mahfud MD.

"Dan upaya untuk mengatasi Covid-19 yang telah memakan ribuan korban jiwa, ratusan tenaga kesehatan, baik dokter maupun perawat telah menjadi pahlawan dari upaya kita berperang melawan Covid-19," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, setelah menimbulkan kerumunan hingga puluhan ribu massa dari acara tersebut, pihak Rizieq Shihab telah diberikan sanksi oleh Pemprov DKI berupa denda Rp50 juta.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X