Polda Metro Sebut Status Tersangka Habib Rizieq Sudah Jelas

- Sabtu, 12 Desember 2020 | 16:16 WIB
Habib Rizieq Shihab tiba di Polda Metro Jaya untuk menyerahkan diri, Sabtu (12/12/2020). (INDOZONE/Samsudhuha wildansyah)
Habib Rizieq Shihab tiba di Polda Metro Jaya untuk menyerahkan diri, Sabtu (12/12/2020). (INDOZONE/Samsudhuha wildansyah)

Habib Rizieq Shihab (HRS) sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus kerumunan pernikahan putrinya. Polda Metro Jaya menyebut penetapan status tersangka ke Rizieq Shihab sudah sangat jelas berdasarkan bukti yang ada.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat menyebut pihaknya sudah tidak perlu memanggil Rizieq Shihab atau memintai keterangannya sebelum menetapkan sebagai tersangka.

"Yang bersangkutan karena dipanggil sebagai saksi tidak datang. Kemudian terbit panggilan kedua tidak datang, kemudian tanpa ada keterangan yang bersangkutan sebagai saksi pun perkara ini sudah terang benderang untuk menentukan tersangkanya," kata Tubagus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Sabtu (12/12/2020).

Atas dasar itulah pihaknya tidak perlu memeriksa Habib Rizieq untuk menetapkannya sebagai tersangka. Polisi memiliki bukti yang kuat untuk menetapkan Habib Rizieq sebagai tersangka tanpa memeriksanya terlebih dahulu.

"Makanya kita enggak usah capek-capek harus mendatangkan yang bersangkutan sebagai saksi, tetapkan dulu saja sebagai tersangka," ungkap Tubagus.

BACA JUGA: Habib Rizieq Serahkan Diri, Polda Metro Ultimatum 5 Tersangka Lainnya

Seperti diketahui, kegiatan hajatan pernikahan putri Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat beberapa waktu yang lalu berdampak panjang. Polri pun sudah memeriksa perangkat kota mulai dari tingkat RT hingga Gubernur dan Wagub DKI Jakarta.

Setelah proses penyidikan yang panjang, polisi akhirnya menetapkan enam orang sebagai tersangka dalam kasus ini. Habib Rizieq hingga Sobri Lubis pun menjadi salah satu tersangka dalam kasus ini.

Polisi juga mencekal seluruh tersangka selama 20 hari dan Polda Metro Jaya bahkan juga menyebut akan menangkap ke seluruh tersangka. Pasca pengumunan penangkapan, Habib Rizieq malah datang menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X