Presiden Jokowi Minta Masyarakat Lebih Aktif Beri Kritik ke Pemerintah

- Senin, 8 Februari 2021 | 13:32 WIB
Presiden Jokowi (Instagram/jokowi)
Presiden Jokowi (Instagram/jokowi)

Presiden Jokowi meminta masyarakat lebih aktif lagi dalam memberikan masukan dan juga kritik terhadap kinerja pemerintah.

Terlebih di bidang pelayanan publik. Jokowi meminta masyarakat melapor jika ada oknum-oknum di lembaga yang melakukan maladministrasi.

"Semua pihak harus menjadi bagian dari proses untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik, masyarakat harus lebih aktif menyampaikan kritik, masukan atau potensi maladministrasi," kata Jokowi dalam sambutannya di laporan tahunan Ombudsman 2020, Senin (8/2/2021).

"Dan para penyelenggara pelayanan publik juga harus terus meningkatkan upaya perbaikan perbaikan," tambahnya.

Menurut Jokowi, pelayanan publik adalah wujud sebenarnya kehadiran negara dalam masyarakat. Pelayanan publik menjadi "wajah" kinerja pemerintahan.

Untuk itulah, dia meminta pelayan publik mengubah pola pikir dari senang dilayani, jadi senang melayani. Sehingga pelayanan publik di Indonesia lebih baik lagi.

"Mewujudkan pelayanan publik yang prima memerlukan ikhtiar yang berkelanjutan, memerlukan transformasi sistem, memerlukan tata kelola, membutuhkan perubahan mindset dan budaya kerja birokrasi kita dari budaya senang dilayani menjadi budaya melayani," ujarnya. 

Sekali lagi, Jokowi meminta ada reformasi di bidang birokrasi agar lebih cepat dan inovatif. Jangan terjebak standar birokrasi yang kaku dan berbelit-belit.

"Kita juga punya kerja besar untuk mengubah model pelayanan birokrasi yang selama ini kaku, terjebak pada hal yang bersifat prosedural, bersifat administratif. Dan menjadi pelayanan publik yang menekankan pada kecepatan, inovatif, berorientasi pada hasil," pungkas Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X