The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Omicron Masuk RI, Pemerintah Diminta Perketat Pintu Masuk di Bandara
Ilustrasi Omicron (REUTERS/Dado Ruvic/Illustration)
News

Omicron Masuk RI, Pemerintah Diminta Perketat Pintu Masuk di Bandara

Pintu masuk.

Kamis, 16 Desember 2021 16:50 WIB 16 Desember 2021, 16:50 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena, mengingatkan agar pemerintah memperketat pengawasan orang yang masuk ke Indonesia dari luar negeri. Ini lantaran kasus infeksi Covid-19 varian Omicron telah terdeteksi di Indonesia, dengan kasus pertama pada pegawai Rumah Sakit Wisma Atlet. 

“Dengan masuknya Omicron ke Tanah air melalui petugas kebersihan di wisma atlet, tentu memberikan pesan bahwa benar titik penularan yang paling mungkin adalah melalui pintu masuk melalui udara, dalam hal ini mereka yang baru pulang dari luar negeri,” kata Melki kepada wartawan, Kamis (16/12/2021).

Melki menduga, varian Omicron ini dibawa seseorang yang telah melakukan perjalanan dari luar negeri dan menular pada pegawai Wisma Atlet. Karena itu, dia meminta agar masyarakat waspada dan tetap patuh menjalankan protokol kesehatan.

“Tentu bagi seluruh kita warga masyarakat, agar setelah resmi diumumkan Omicron sudah ada di Tanah Air, kita lebih memperketat lagi dan disiplin terkait prokes,” katanya.

Politisi Partai Golkar ini menuturkan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) perlu terus melakukan testing dan tracing di Tanah Air. Hal lain yang dia nilai penting, adalah pelaksanaan program vaksinasi harian yang tidak boleh diturunkan, apalagi belakangan laporan vaksinasi sempat mengalami penurunan.

“Harus dikencangkan kembali, terutama di daerah yang belum sama sekali atau masih rendah. Kita kencangkan vaksinasi sampai 70 persen lebih, untuk sasaran dosis pertama dan kedua,” ujar Melki.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin telah mengonfirmasi temuan varian Omicron di Indonesia. Hal tersebut diungkapkannya melalui konferensi pers secara virtual.  

"Tadi malam telah mendeteksi ada seorang pasien, N inisialnya, terkonfirmasi Omicron pada tanggal 15 Desember," katanya, Kamis (16/12/2021). 

Artikel Menarik Lainnya :

TAG
Gema Trisna Yudha
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US