Pasca Ditemukannya Varian Omicron, Pemerintah Diminta Menutup Pintu Masuk Bagi TKA

- Senin, 20 Desember 2021 | 13:42 WIB
Ilustrasi bandara, salah satu akses keluar masuk Warga Negara Asing (ANTARA FOTO/Fauzan)
Ilustrasi bandara, salah satu akses keluar masuk Warga Negara Asing (ANTARA FOTO/Fauzan)

Anggota Komisi IX DPR RI meminta pemerintah bersungguh-sungguh untuk menjaga pintu masuk Indonesia pasca ditemukannya kasus Covid-19 varian Omicron.

Menurut Saleh, varian Omicron mempunyai bahaya dan agresivitas. Kemudian sejak awal banyak pihak yang mewanti-wanti agar kita mewaspadai varian baru ini.

"Nah, varian ini sekarang kan sudah ada di Indonesia. Sudah sepatutnya kewaspadaan ditingkatkan. Terutama pintu masuk ke Indonesia, khususnya bandara-bandara internasional,” kata Saleh kepada Indozone dikutip Senin (20/12/2021).

Di tengah penyebaran virus Covid-19 varian Omicron, dia menyoroti masih banyaknya tenaga kerja asing (TKA) dari China yang berlalu-lalang ke Tanah Air sehingga dikhawatirkan membawa masuk virus.

Baca Juga: Penundaan Umrah Dinilai Langkah yang Bijak Untuk Cegah Varian Omicron

"Saya sendiri heran. Di tengah situasi penyebaran virus seperti ini, TKA asal China masih banyak yang masuk ke Indonesia. Untuk apa kita diminta menerapkan prokes secara ketat, sementara TKA lalu lalang masuk ke Indonesia. Bukankah TKA itu potensial membawa masuk virus covid ke Indonesia?” beber Saleh.

Maka dari itu, Saleh pun mendesak agar agar pemerintah dapat menghentikan sementara izin masuk TKA ke Indonesia, setidaknya selama berkembanganya kasus Omicron.

“Saya mendesak agar pemerintah menghentikan sementara izin masuk TKA ke Indonesia. Paling tidak, selama masa berkembangnya Omicron ini, TKA betul-betul dilarang masuk,” imbaunya.

“Kalaupun ada yang harus masuk, itu adalah tenaga expert yang keahliannya tidak bisa digantikan pekerja lokal,” pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X