The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Komisi IX Minta AstraZeneca Ditahan Dulu Usai Kasus Meninggalnya Pemuda di Jakarta
Ilustrasi Vaksin AstraZeneca. (REUTERS/Leonhard Foeger).
News

Komisi IX Minta AstraZeneca Ditahan Dulu Usai Kasus Meninggalnya Pemuda di Jakarta

Dinilai bermasalah.

Senin, 10 Mei 2021 15:40 WIB 10 Mei 2021, 15:40 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena meminta Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) agar segera melakukan analisis usai adanya peristiwa seorang pria bernama Trio Fauqi Virdaus meninggal pasca menerima vaksin AstraZeneca di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (5/5/2021).

“Komnas KIPI kejadian pasca imunisasi, mesti segera mengecek, memastikan, berdasarkan data juga, analisis kuat, yang betul-betul mendalam terkait meninggalnya seorang peserta vaksinasi yang menggunakan AstraZeneca,” kata Melki kepada Indozone, Senin (10/5/2021).

Melki menyebut, sejak awal Komisi IX DPR RI sudah memberikan catatan kepada Kemenkes, Badan POM, Komnas KIPI, agar khusus untuk AstraZeneca. Hal ini melihat adanya kejadian di berbagai negara Eropa dalam saat mengkonsumsi vaksin tersebut.

“Kalau memang barangnya ini masih bermasalah, sebaiknya dihold dulu, jangan sampai lagi muncul korban-korban berikutnya yang tidak perlu yang bisa membuat masyarakat kita jadi korban karena AstraZeneca,” tegas dia.

Baca Juga: Bejat! Ayah di Papua Barat Ini Perkosa Putrinya yang Masih 2 Tahun, 4 Kali Hingga Berdarah

Oleh sebab itu, kata Politikus Golkar ini, dengan adanya kejadian ini dapat menjadi perhatian serius dari BPOM, Kemenkes hingga Komnas KIPI. 

“Nah dengan kejadian meninggalnya seorang pria yang menggunakan AstraZeneca ini, harus menjadi perhatian yang sungguh sungguh serius dari Badan POM, Kemenkes, terutama Komnas KIPI, agar alasan betul betul sesuai data lapangan apa adanya kepada publik,” tandasnya.

Seperti diketahui, seorang pemuda yang tinggal di Duren Sawit, Jakarta Timur meninggal dunia sehari setelah mendapat vaksin Covid-19 AstraZeneca. Ia sempat merasakan sakit kepala, demam, dan kejang-kejang sebelum meninggal dunia.

Kakak dari seorang pemuda bernama Trio Fauqi Virdaus yang meninggal usai menerima vaksin Covid-19, yakni Viki mengaku belum menerima penjelasan medis terkait kematian adiknya tersebut.

Ia pun mendapatkan pertanyaan awak media soal investigasi dari Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), namun Viki menyebutkan belum menerima cerita dari sang keluarga terkait investigasi yang dilakukan itu.

"Yang dimau pihak keluarga kejelasan sebenarnya, siapa yang nyuntik, apa sudah dilakukan prosedur sebelumnya, apakah sudah dilakukan pengecekan dulu bahwa si almarhum ini layak vaksin atau tidak, sudah dicek tensi darahkah," ucapnya kepada Indozone, Senin (10/5/2021).
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US