Picu Kekhawatiran Internasional, Israel Tunda Penggusuran Warga Palestina di Yerusalem

- Senin, 10 Mei 2021 | 17:42 WIB
Warga Palestina berdoa di Laylat al-Qadr selama bulan suci Ramadhan, di kompleks yang menampung Masjid Al-Aqsa, di Kota Tua Yerusalem, 8 Mei 2021. (photo/REUTERS/Ammar Awad)
Warga Palestina berdoa di Laylat al-Qadr selama bulan suci Ramadhan, di kompleks yang menampung Masjid Al-Aqsa, di Kota Tua Yerusalem, 8 Mei 2021. (photo/REUTERS/Ammar Awad)

Jaksa Agung Israel pada Minggu (9/5) waktu setempat, melalui sidang pengadilan, menangguhkan atau menunda rencana penggusuran warga Palestina di Yerusalem.

Sidang tersebut telah berpotensi memicu lebih banyak kekerasan di kota suci itu dan meningkatkan kekhawatiran internasional.

Pemerintah Israel sekarang punya waktu untuk mencoba meredakan situasi yang 'panas' di Yerusalem, tempat kasus pengadilan dan gesekan selama bulan suci Ramadhan telah menyebabkan bentrokan antara warga Palestina dan polisi Israel.

Mahkamah Agung Israel pada Senin (10/5), akan mendengarkan banding terhadap rencana penggusuran beberapa keluarga Palestina dari area Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur, sebuah daerah yang direbut Israel dalam perang tahun 1967.

Pengadilan tingkat lebih rendah telah mendukung klaim pemukim Yahudi atas tanah tempat rumah-rumah orang Palestina berada. Keputusan itu dianggap Palestina sebagai upaya Israel untuk mengusir mereka dari Yerusalem, wilayah yang diperebutkan.

Baca juga: Tak Ada Penumpang, Sejumlah Porter di Bandara Jambi Beralih Jualan Kue: Kita Harus Makan

Namun menit-menit terakhir persidangan, para pemohon meminta pengadilan untuk meminta pendapat hukum dari Jaksa Agung Avichai Mandelblit.

Permohonan itu membuka jalan bagi sidang pada Senin untuk ditunda dan kemungkinan Jaksa Agung Avichai Mandelblit bisa menentang penggusuran tersebut.

Seorang juru bicara Mandelblit mengatakan pengadilan setuju untuk menerima pengajuan di masa depan dari jaksa agung dan bahwa sidang baru akan dijadwalkan berlangsung dalam 30 hari.

"Karena keputusan pengadilan itu, saya sangat optimis," kata Nabil al-Kurd (77) salah satu warga Palestina yang menghadapi penggusuran.

"Kami berada di sini di negara kami, di tanah kami. Kami tidak akan menyerah," ujar dia setelah berbuka puasa.

Al-Kurd dan sekelompok tetua duduk dan menyaksikan para pengunjuk rasa muda Palestina bernyanyi dan meneriakkan slogan-slogan kepada para pemukim di seberang jalan, meneriakkan "Kebebasan, kebebasan" dan "Palestina adalah Arab".

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X