Putra Mantan Pemimpin Diktator Filipina Mencalonkan diri Sebagai Presiden

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 11:42 WIB
Ferdinand Marcos Jr mencalonkan diri sebagai presiden Filipina. (Facebook/Bongbong Marcos)
Ferdinand Marcos Jr mencalonkan diri sebagai presiden Filipina. (Facebook/Bongbong Marcos)

Putra mantan diktator Filipina, Ferdinand Marcos mengumumkan pencalonan dirinya sebagai presiden Filipina dalam pemilihan tahun depan.

Ferdinand Marcos Jr, yang juga dikenal sebagai Bongbong, mengumumkan pencalonannya dalam sebuah postingan di video Facebook-nya.

Ayah Bongbong, Marcos Sr, memerintah Filipina selama 20 tahun, kemudian digulingkan pada tahun 1986.  Kemudian Marcos Sr merebut kekuasaan diktator pada tahun 1972, setahun sebelum masa jabatan keduanya berakhir, dengan menempatkan Filipina di bawah darurat militer.

Baca juga: Presiden Filipina Rodrigo Duterte Umumkan Mundur dari Dunia Politik

Marcos Sr mengunci kongres, memerintahkan penangkapan saingan politik dan memerintah dengan dekrit.

Dilansir BBC, pemerintahannya juga ditandai dengan pembunuhan di luar proses hukum dan penyiksaan terhadap lawan. Tapi pada akhirnya Marcos Sr digulingkan oleh kekuatan rakyat yang didukung oleh tentara.

Marcos Sr kemudian meninggal di pengasingan di Hawaii pada tahun 1989.

Marcos Jr merupakan putra satu-satunya Marcos Sr. Marcos Jr, pernah menjabat sebagai senator dari 2010 hingga 2016, sebelum kalah tipis saat pencalonan wakil presiden pada 2016.

Sebelum Marcos Jr, mantan petinju Manny Pacquiao dan walikota Manila, Francisco Domagoso, telah mengumumkan pencalonan mereka awal bulan ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X