Peran 16 Teroris Jaringan NII, Ubah Ideologi Pancasila hingga Rekrut Anak di Bawah Umur

- Senin, 28 Maret 2022 | 16:52 WIB
Ilustasi Densus 88 Polri tangkap teroris. (Dok. Polri)
Ilustasi Densus 88 Polri tangkap teroris. (Dok. Polri)

Densus 88 Antiteror Polri membeberkan keterlibatan 16 terduga teroris jaringan Negara Islam Indonesia (NII) yang ditangkap di sumatera Barat. Beberapa di antaranya bertugas merekrut anggota baru NII dari kalangan anak di bawah umur hingga mengubah ideologi Pancasila.

"Secara garis besar keterlibatan ke-16 tersangka adalah sebagai berikut, berkeinginan untuk mengubah ideologi Pancasila dengan ideologi Syariat Islam secara kaffah, memiliki niat untuk menggulingkan pemerintahan yang sah apabila NKRI sedang dalam keadaan kacau chaos," kata Kabag Bantuan Operasi Densus 88 AT Polri, Kombes Pol Aswin Siregar saat dihubungi wartawan, Senin (28/3/2022).

Peran ketiga yaitu melakukan kegiatan latihan militer secara rutin dan merencanakan persiapan logistik berupa persenjataan.

Baca juga: 5 Zodiak Paling Jahil, Suka Nge-prank dan Ngisengin Orang Lain, Kamu Termasuk?

"Kelima melakukan perekrutan anggota secara masif di wilayah Sumatra Barat dengan melibat anak-anak di bawah umur," beber Aswin.

Peran yang terakhir yakni saling berhubungan dengan kelompok teror di wilayah Jakarta, Jawa Barat dan Bali.

Sebelumnya, Densus 88 AT Polri menangkap 16 teroris jaringan NII. Penangkapan ini berlangsung pada Jumat, 25 Maret 2022 di Sumatera Barat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X