Mantap! Kontes Ikan Cupang di Kabupaten Kediri Pecahkan Dua Rekor MURI

- Minggu, 27 Juni 2021 | 23:01 WIB
 Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (kiri) dalam pemecahan rekor MURI di kontes ikan cupang di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Minggu (27/6/2021). (FOTO ANTARA/HO- Humas kontes ikan cupang)
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (kiri) dalam pemecahan rekor MURI di kontes ikan cupang di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Minggu (27/6/2021). (FOTO ANTARA/HO- Humas kontes ikan cupang)

Kontes ikan cupang di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, berhasil memecahkan dua rekor MURI, kategori peserta kontes dengan jumlah peserta terbanyak dan kontes dengan total hadiah terbesar.

Customer Relation Manager MURI Andre Purwandono mengemukakan bahwa dalam kontes ikan cupang yang diselenggarakan di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri ini tercatat jumlah ikan yang ikut serta dilombakan adalah 2.457 ekor. Jumlah ini mengalahkan kontes yang sama di Padang, Sumatera Barat pada 2017.

"Kami lakukan verifikasi secara manual. Jadi data yang ada dari panitia, kami hitung ulang dan hasilnya terdapat 2.457 ikan cupang. Kalau rekor sebelumnya untuk kontes ikan cupang di Padang, Sumatera Barat dengan 1.440 ekor," katanya di Kediri, Minggu (27/06), seperti dilansir Antara.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa rekor lainnya yang juga berhasil dipecahkan adalah kontes dengan total hadiah terbesar di Indonesia.

"Total hadiah kontes ini sejumlah Rp196 juta. Nilai hadiah yang sangat fantastis. Hadiah termewah ini," katanya.

Kontes itu digelar di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri. Acara digelar selama tiga hari dan berakhir pada Minggu (27/6).

Selain diikuti oleh peserta pemilik ikan dari dalam negeri, tidak sedikit peserta dari luar negeri yang juga ikut serta dalam kontes dengan taraf internasional ini.

Sementara itu, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana yang hadir di lokasi mengapresiasi kegiatan yang bertajuk "8th Kediri Betta Contest" ini. Dirinya berharap perkembangan ikan hias di Kabupaten Kediri akan terus meningkat.

"Sekarang yang kami upayakan adalah para petani ikan cupang di Kabupaten Kediri ini, bisa memiliki brand ikan cupang sendiri. Genetiknya ini bisa dari wild betta, nanti kita crossing agar bisa menghasilkan jenis ikan dengan kualitas yang lebih bagus lagi. Pemerintah akan terus berupaya mendorong itu," kata Mas Bup, sapaan akrabnya.

Dalam lomba tersebut, hadiah utama mobil dimenangkan oleh tim Bajul Joget dari Surabaya. Tim ini mengirimkan 400 ekor lebih ikan cupang.

Perwakilan Bajul Joget, Nanda Panji mengaku sangat senang karena akhirnya bisa mendapatkan hadiah mobil.

"Kalau hadiahnya besar seperti ini, jadi lebih semangat untuk memelihara ikan yang bagus-bagus. Awalnya sih saya sudah tiga kali ikut kontes di Kediri ini, baru kali ini mendapatkan juara dengan hadiah sangat besar," kata Nanda.

Di kontes ini mempertandingkan 75 kelas dalam 10 divisi. Total ada 237 pemenang yang mendapatkan piala dari Bupati Kediri. Acara tersebut juga digelar dengan protokol kesehatan yang sangat ketat dan bukan untuk umum. Pendaftaran pun juga lewat daring.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X