Tak Terima Digusur Sentul City, Rocky Gerung: Biar Fair, Gusur Rumah Prabowo Juga Dong!

- Sabtu, 11 September 2021 | 14:17 WIB
Pengamat politik, Rocky Gerung. (photo/Screenshoot/YouTube/Rocky Gerung)
Pengamat politik, Rocky Gerung. (photo/Screenshoot/YouTube/Rocky Gerung)

Pengamat politik, Rocky Gerung belum lama ini berseteru dengan PT Sentul City Tbk terkait kepemilikan lahan. Sentul City mengklaim bahwa lahan rumah Rocky Gerung adalah milik mereka. Rocky pun diberi waktu satu minggu untuk angkat kaki dari rumahnya.

Terkait penggusuran itu, Rocky tak terima dan menduga ada unsur politis di dalamnya. Menurutnya, jika ingin 'fair', maka Sentul City juga harus menggusur kediaman Menhan Prabowo Subianto.

"Ya mestinya sampai di situ tapi saya tidak tahu apa, atau ada nego tertentu karena mungkin disitu politisnya, aspek politisnya dan itu satu paket aja kan penguasaan lahan," kata Rocky.

Ia menilai, Sentul City bersikap arogan soal ini. Rocky mengatakan, perusahaan itu tiba-tiba melakukan eksekusi dengan mengerahkan sejumlah preman.

"Kalau teman di situ yang bikin hutan tanam salak segala macam itu pohon salaknya itu digusur, itu gila. (Penggusuran) Pohon-pohon itu kan kerusakan lingkungan dimulai di situ sebetulnya lepas dari soal konflik hukumnya tetapi itu Sentul city sudah merusak alam, pertama kali dia udah salah. Jadi prinsipnya tetap saya anggap bahwa ini arogansi," ujarnya 

Rocky menambahkan, Sentul City harusnya punya etika baik jika ingin mengklaim lahan tersebut.

"Soal sertifikat macam-macam itu kan dasarnya dia, kalau dia menginginkan tanah saya dan tetangga saya, dia minta dong. Bilang, bukan nyuruh preman usir," kata Rocky.

Lebih lanjut katanya, alas hukum pertama dalam hukum tanah adalah penguasaan fisik, Karena itu tanah itu dijaga melalui penguasaan fisik oleh warga sekitar. Penduduk daerah tersebut sudah menguasai secara fisik sejak tahun 1960-an.

"Karena itu dia olah tanah itu. Tapi tiba-tiba datang orang bilang dia punya hak, itu gila kan. Dan parahnya hak itu tidak dipenuhi, tanahnya tidak dirawat tidak dimanfaatkan kalaupun hak itu ada. Padahal Sebetulnya saya selalu menduga keras dengan predisposisi bahwa kasus semacam ini banyak betul di Indonesia permainan antara pengusaha dengan pemilik kuasa Saya kira intinya itu," ujar Rocky.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X