The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Erupsi Gunung Semeru Telan Korban Jiwa, Presiden Jokowi Minta Jajarannya Ambil Tindakan
Presiden Joko Widodo. (Instagram/@jokowi)
News

Erupsi Gunung Semeru Telan Korban Jiwa, Presiden Jokowi Minta Jajarannya Ambil Tindakan

Tindakan cepat.

Minggu, 05 Desember 2021 15:38 WIB 05 Desember 2021, 15:38 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk mengambil tindakan cepat dalam menanggulangi erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Apalagi  bencana alam ini dilaporkan telah mengakibatkan 13 orang meninggal dunia.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, perintah yang diberikan oleh Presiden Jokowi tersebut ditujukan kepada Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, Panglima TNI, Kapolri, serta Gubernur dan Bupati.

"Bapak Presiden sudah memerintahkan kepada Kepala BNPB, kepada Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, Panglima TNI, Kapolri, Gubernur dan Bupati untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin, melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada korban luka-luka, dan melakukan penanganan dampak bencana," kata Pratikno dalam pernyataan yang disiarkan di YouTube Sekertariat Presiden, Minggu (5/12/2021).

Dilanjutkan Pratikno, Presiden Jokowi juga meminta pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan pengungsi, hingga perbaikan infrastruktur diselesaikan dalam waktu yang singkat.

Baca juga: Menko PMK Akan Koordinasikan Kementerian dan Lembaga untuk Tangani Erupsi Gunung Semeru

"Bapak presiden juga memerintahkan agar bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik, kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat-sangat singkat," ucap Pratikno.

Selain itu, dia mengimbau kepada masyarakat di sekitar Gunung Semeru agar mengikuti arahan petugas di lapangan, dan selalu meningkatkan kewaspadaan. Mengingat Indonesia berada dalam wilayah lingkaran api yang rawan aktivitas gunung berapi.

korban erupsi gunung semeru
Korban erupsi gunung semeru. (ANTARA FOTO/Seno/foc)

"Kepada kepala daerah dan pejabat pemerintah untuk selalu waspada dan mengajak masyarakat untuk selalu siaga dan waspada, saling bekerja sama, untuk mengantisipasi datangnya bencana semacam ini," ujar Pratikno.

Kemudian mewakili Pemerintah, Pratikno menyampaikan rasa duka atas korban yang meninggal dan luka-luka dalam bencana erupsi Gunung Semeru.

"Atas nama presiden, wakil presiden, pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka yang sangat mendalam atas korban yang meninggal dan korban luka-luka," tandas Pratikno.

Berdasarkan keterangan resmi BNPB, hingga pukul 09.20 WIB,  sebanyak 13 orang dilaporkan meninggal dunia akibat peristiwa tersebut. Adapun yang baru teridentifikasi dua orang berasal dari Curah Kobokan dan Kubuan, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Gema Trisna Yudha
Fitri
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US