Polisi Tangkap Terduga Pembunuh Jamal Khashoggi

- Rabu, 8 Desember 2021 | 11:14 WIB
Committee to Protect Journalists melakukan aksi menyalakan lilin di depan Kedutaan Besar Saudi untuk memperingati kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi. (REUTERS/Sarah Silbiger)
Committee to Protect Journalists melakukan aksi menyalakan lilin di depan Kedutaan Besar Saudi untuk memperingati kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi. (REUTERS/Sarah Silbiger)

Aparat kepolisian Prancis menangkap seorang pria yang diduga menjadi eksekutor pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi. Pria bernama Khalid Aedh al-Otaibi ini diringkus di Bandara Charles de Gaulle Paris, saat hendak naik pesawat ke ibu kota Saudi, Riyadh.

Hanya saja, para pejabat Saudi membantah priba tersebut terlibat dalam pembunuhan jurnalis kawakan tersebut. Kedutaan Besar Arab Saudi di Prancis bahkan menyatakan pria tersebut tidak memiliki sangkut paut dalam kasus tersebut. Saudi menuntut agar otoritas Prancis segera membebaskan pria tersebut.

Dikuti dari Guardian, Rabu (8/12/2021), pihak Prancis masih melakukan penyelidikan untuk memastikan pria tersebut merupakan Khalid Aedh al-Otaibi yang diadili secara in absentia atau tanpa kehadiran di pengadilan, terkait pembunuhan Jamal Khashoggi. Otaibi merupakan satu di antara 26 orang Saudi yang yang didakwa bersalah oleh pengadilan Turki, dalam persidangan in absentia pada Oktober 2020 lalu.

Sementara itu, aparat kepolisian mengaku masih belum yakin pria tersebut adalah benar-benar Khalid Aedh al-Otaibi. Karena itu, mereka pun masih menanti hasil verifikasi yang dilakukan untuk memastikan identitas pria tersebut.

"Mungkin dia adalah orang yang tepat, sama seperti kemungkinan dia adalah orang yang salah," kata pejabat polisi yang dikutip Guardian.

"Untuk saat ini kami tidak tahu," katanya menambahkan.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X