The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sekutu Donald Trump Dipanggil DPR AS Mengenai Kerusuhan di Gedung Capitol
Pendukung Donald Trump menyerbu Gedung Capitol Januari 2021. (REUTERS/Leah Millis)
News

Sekutu Donald Trump Dipanggil DPR AS Mengenai Kerusuhan di Gedung Capitol

Jumat, 24 September 2021 14:31 WIB 24 September 2021, 14:31 WIB

INDOZONE.ID - Komite yang menyelidiki kerusuhan di Gedung Capitol telah mengeluarkan panggilan pengadilan pertamanya kepada sekutu mantan presiden Donald Trump, termasuk Mark Meadows dan Steve Bannon.

Dilansir BBC, komite yang dipimpin Demokrat telah menuntut dokumen dan memanggil sekutu Trump untuk bersaksi pada pertengahan Oktober.

Surat yang ditulis oleh ketua panitia menunjukkan mereka terlibat dalam upaya untuk membatalkan pemilihan 2020 yang menyebabkan kerusuhan Capitol.

Empat panggilan pengadilan pertama komite diberikan kepada Meadows, mantan kepala staf Gedung Putih, Bannon, mantan penasihat Trump, mantan wakil kepala staf Dan Scavino dan Kashyap Patel, mantan kepala staf Pentagon.

Steve Bannon
Steve Bannon, salah satu sekutu Donald Trump. (REUTERS/Andrew Kelly)

"Komite sedang menyelidiki fakta, keadaan dan penyebab serangan 6 Januari dan masalah yang berkaitan dengan transfer kekuasaan secara damai," kata komite itu dalam sebuah surat pada Kamis (23/9/2021), dikutip dari BBC.

Bannon akan ditanya tentang komunikasinya dengan Trump pada akhir Desember dan keterlibatannya dalam membahas rencana untuk membatalkan pemilihan.

Baca juga: Donald Trump Dalang Serangan Gedung Capitol, Warganet Serukan #ArrestTrumpNow di Twitter

Mr Meadows akan ditanya tentang komunikasinya dengan penyelenggara rapat umum yang mendahului serangan di Capitol.

Scavino dilaporkan mengatakan kepada anggota DPR untuk tidak mengesahkan kemenangan Joe Biden dan Patel terlibat dalam diskusi tentang keamanan di Capitol saat kerusuhan berlangsung.

Ketua DPR Demokrat Nancy Pelosi mengumumkan pembentukan komite untuk menyelidiki kerusuhan Capitol Hill pada Januari tahun ini.

Pelosi mengatakan komite yang dipimpin Demokrat bertujuan untuk menunjukkan kebenaran agar serangan semacam itu tidak terjadi lagi di masa depan.

Pendukung Donald Trump menyerbu Kongres di Washington DC pada 6 Januari untuk membatalkan sertifikasi kemenangan pemilihan Joe Biden pada November.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Fitri
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US