Tantang AS Luncurkan Rudal Antarbenua, Kim Jong Un Janji Perkuat Senjata Nuklirnya

- Selasa, 26 April 2022 | 16:37 WIB
Presiden Korea Utara Kim Jong Un. (Foto/Reuters/KCNA)
Presiden Korea Utara Kim Jong Un. (Foto/Reuters/KCNA)

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un membuat pidato menantang di parade militer dan bersumpah untuk meningkatkan persenjataan nuklir negara itu.

Seperti yang dilansir BBC, parade tersebut untuk menandai ulang tahun berdirinya angkatan bersenjata Korut, juga menampilkan rudal balistik antarbenua (ICBM) yang dilarang, Senin (25/4/2022) malam.

Pada bulan Maret, Korea Utara menguji ICBM terbesar yang diketahui untuk pertama kalinya sejak 2017.

Hal itu memicu kecaman luas dari masyarakat internasional.

AS juga memberlakukan beberapa sanksi terhadap negara itu setelah tes peluncuran rudal tersebut. Rudal ICBM, yang dirancang untuk pengiriman senjata nuklir, memperluas jangkauan serangan Korea Utara diperkirakan jangkauannya bisa mencapai ke daratan AS.

-
Rudal antarbenua Hwasong-17 yang dikembangkan Korut. (Foto/EPA)

 

Parade tersebut juga menampilkan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam selain rudal hipersonik.

Namun, Kim Jong Un sejauh ini tidak terpengaruh oleh kecaman itu yang dilancarkan Barat.

"Kami akan terus mengambil langkah-langkah untuk memperkuat dan mengembangkan kemampuan nuklir negara kami dengan kecepatan tercepat," katanya, seraya menambahkan bahwa kekuatan nuklir mereka "harus siap" untuk dilakukan kapan saja, menurut sebuah laporan oleh Kantor Berita Pusat Korea resmi (KCNA).

Senjata nuklir Korea Utara pada dasarnya merupakan alat pencegahan terhadap perang tetapi dapat digunakan untuk cara lain, katanya, menggemakan retorika sebelumnya bahwa negara itu akan menyerang balik jika diserang.

-
Rudal Korut yang diujicoba diklaim untuk membela diri jika diserang. (Foto/BBC)

 

Gambar parade yang dirilis oleh media pemerintah menunjukkan bahwa Hwasong-17 termasuk di antara senjata yang ditampilkan di parade. Korea Utara mengklaim telah melakukan uji tembak ICBM besar-besaran untuk pertama kalinya pada bulan Maret.

Biasanya, Pyongyang memamerkan senjata barunya di parade militernya yang sering menampilkan prosesi panjang tank, artileri, dan tentara.

Parade militer hari Senin diawasi ketat karena Korea Utara telah menguji beberapa rudal tahun ini, meningkatkan ketegangan di semenanjung itu.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X