4 Anggota KKB Berhasil Diciduk Terkait Pembantaian 2 Pegawai PT Indo Papua

- Rabu, 1 September 2021 | 15:08 WIB
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal (Dok Humas Polda Papua.)
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal (Dok Humas Polda Papua.)

Satgas Nemangkawi berhasil menangkap empat anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Para pelaku berkaitan dengan insiden pembantaian dua pegawai PT Indo Papua beberapa waktu yang lalu.

Penangkapan ini berlangsung pada 27 Agustus 2021 sore. Keempat terduga KKB ini berhasil ditangkap di kawasan Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua.

Baca Juga: Sosok Rionaldo Raturoma yang Dibunuh dan Dibakar KKB Papua, Komnas Ham Bungkam

"Personel gabungan berhasil mengamankan empat orang yang diduga kuat terlibat dalam Kelompok Kriminal Bersenjata," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (1/9/2021).

Penangkapan ini bermula dari adanya informasi adanya kendaraam roda empat yang kerap bolak balik melintas dari kawasan Dekai menuju Brazza. Lokasi tersebut diketahui merupakan lokasi pembantaian dua pegawai PT Indo Papua beberapa waktu yang lalu.

"Mendapatkan informasi tersebut kemudian personel melacak kendaraan. Ketika dilacak kendaraan tersebut justru melintas di depan Mapolres Yahukimo dan langsung digiring masuk ke dalam Mako Polres Yahukimo," beber Kamal.

Polisi lebih dulu mengamankan satu KKB yang berperan sebagai sopir berinisial HH. Dari keterangan HH, ada belasan orang diduga KKB berada di sebuah rumah di Distril Wusuma.

"Saat melakukan penyergapan, personel berhasil mengamankan tiga orang pria atas nama Etius Baye (38), Yem Baye alias Umbai (28) dan Yaluk Heluka. Saat ini ketiganya sudah di tahan di Rutan Mapolres Yahukimo," kata Kamal.

Satgas Nemangkawi sendiri masih mendalami pengakuan dari keempat KKB tersebut. Satgas Nemangkawi juga masih melakukan pengembangan terkait hal ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X