Jelang Musim Hujan, Wagub DKI Minta Warga Siaga Antisipasi Banjir

- Rabu, 1 September 2021 | 11:46 WIB
Wagub DKI Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Wagub DKI Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau seluruh masyarakat turut serta dalam mengantisipasi, dan siap siaga menghadapi ancaman bencana banjir di ibu kota.

"Yang lebih penting itu kesiapsiagaan masyarakat dalam mengantisipasi banjir tahun ini dan awal tahun depan," ucap Riza di Balai Kota DKI, Rabu (1/9/2021).

Sementara warganya siap siaga, Riza mengaku jajarannya di Pemprov DKI tengah melakukan beragam upaya, maupun program-program untuk mengantisipasi datangnya banjir.

"Percepatan program-program tahun ini terus dilakukan, seperti pengerukan, program gerebek lumpur, sungai, kali, hingga waduk," ungkapnya.

Ia pun menilai, perlu ada kerjasama yang baik, yakni antar Koordinasi antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pun terus ditingkatkan guna mencegah banjir yang kerap melanda saat musim hujan tiba.

"Perlu kerja sama yang baik di sini, antara BPBD dengan dinas terkait untuk mempersiapkan antisipasi banjir seperti tahun-tahun sebelumnya," tandas Riza.

Diberitakan sebelumnya, BMKG menghimbau pemerintah daerah setempat dan masyarakat untuk mewaspadai, mengantisipasi dan melakukan aksi mitigasi lebih awal guna menghindari dan mengurangi risiko bencana.

BACA JUGA: Pemerintah Turki Klaim K-Pop Berbahaya Bagi Generasi Muda di Negaranya

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa puncak musim hujan periode 2021/2022 sendiri diprediksi akan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2022.

“Perlu menjadi perhatian bersama, terutama di wilayah-wilayah rawan banjir, tanah longsor, dan tanah bergerak seiring intensitas curah hujan yang akan terus semakin meninggi,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X